Home » 10 Fakta Menarik tentang Gurun Sahara

10 Fakta Menarik tentang Gurun Sahara

by Administrator Esensi
1 minutes read
Photo by Greg Gulik: https://www.pexels.com/photo/green-grasses-on-sahara-desert-1001435/

Gurun Sahara adalah salah satu gurun yang paling terkenal dan luas di dunia, dengan keindahan alam yang khas dan keunikan geografi yang luar biasa. Terletak di Afrika Utara, Gurun Sahara memiliki sejumlah fakta menarik yang perlu dipahami untuk lebih menghargai pesona dan tantangannya. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Gurun Sahara:

Gurun yang Luas dan Terbesar

Gurun Sahara adalah gurun terluas di dunia, mencakup wilayah seluas sekitar 9.2 juta kilometer persegi. Itu sekitar 8% dari total luas daratan di Bumi.

Keadaan Iklim yang Ekstrem

Gurun Sahara dikenal dengan suhu yang ekstrem, terutama panas. Suhu siang hari dapat mencapai lebih dari 50 derajat Celsius (122 derajat Fahrenheit), sementara malam hari bisa sangat dingin.

Topografi dan Pasir

Gurun Sahara memiliki pemandangan topografi yang beragam, termasuk padang pasir yang luas. Sekitar 70% wilayah gurun ini adalah padang pasir dengan dunes bergerigi dan luas.

Penduduk dan Budaya

Meskipun kondisi sulit, Gurun Sahara dihuni oleh berbagai kelompok etnis dan budaya. Beberapa di antaranya adalah suku Tuareg, Berber, dan Arab.

Tantangan Transportasi

Gurun Sahara merupakan tantangan besar bagi transportasi karena terbatasnya akses jalan dan infrastruktur. Traversing gurun ini membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang baik.

Baca Juga  Ini Kriteria Pemohon Layanan Paspor Prioritas

Gurun Tertua di Dunia

Beberapa ilmuwan percaya bahwa Gurun Sahara adalah gurun tertua di dunia, telah ada selama sekitar 2-3 juta tahun. Ini mengalami perubahan iklim drastis selama sejarahnya.

Dikenal dengan Angin Gurun

Salah satu karakteristik khas Gurun Sahara adalah angin gurun yang kuat dan kadang-kadang berangin badai. Angin ini dapat membentuk dune-dune pasir yang mengubah lanskap gurun.

Keanekaragaman Hewan

Meskipun terlihat kering dan tandus, Gurun Sahara memiliki keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Hewan-hewan seperti kucing liar, unta, singa, dan ular hidup di wilayah ini.

Penemuan Arkeologi

Gurun Sahara memiliki sejumlah penemuan arkeologis penting, termasuk reruntuhan kota kuno seperti Timbuktu di Mali dan Leptis Magna di Libya.

Misi Eksplorasi Luar Angkasa

Gurun Sahara adalah tujuan eksplorasi luar angkasa yang menarik. Meteorit-meteorit dari luar angkasa sering ditemukan di gurun ini, membantu ilmuwan memahami asal-usul tata surya.

Gurun Sahara, dengan kekeringannya, kepanasannya, dan pemandangan yang spektakuler, adalah keajaiban alam yang patut dijelajahi dan dihargai. Itu merupakan tantangan bagi para penjelajah, ilmuwan, dan wisatawan yang ingin mengungkap rahasia dan pesona yang dimilikinya.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life