Home » 2.500 Rumah Tangga Tidak Mampu di Banten Terima Sambungan Listrik Gratis

2.500 Rumah Tangga Tidak Mampu di Banten Terima Sambungan Listrik Gratis

by Junita Ariani
2 minutes read
Kementerian ESDM menyalurkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 2.500 rumah tangga tidak mampu di Provinsi Banten.

Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) menyalurkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 2.500 rumah tangga tidak mampu di Provinsi Banten.

Bantuan ini berketepatan dengan peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78.

“Tanggal 28 September ini merupakan Hari Jadi Pertambangan dan Energi. Jadi hari ini hari ulang tahun Kementerian ESDM,” ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Havidh Nazif.

Hal itu disampaikannya pada peresmian dan penyalaan pertama program BPBL di Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten, Kamis (28/9/2023).

Menurut Havidh, dari target 2.500 sambungan di Banten, pada tahun ini Kota Tangerang mendapat alokasi sebanyak 441 rumah tangga yang tersebar di 9 Kecamatan.

Havidh mengatakan, meski di perkotaan, ternyata masih banyak rumah yang masih bergabung listrik dengan tetangganya. Padahal saat ini listrik merupakan hal yang dasar dalam kebutuhan sehari-hari.

“Masih banyak yang nyantol ke tetangga, kadang ada yang diminta bayar tinggi. Sekarang pakai token jadi bisa mengontrol penggunaaan listrik sendiri,” ujar Havidh.

Hingga Juni 2023, Rasio Elektrifikasi (RE) yang merupakan perbandingan jumlah rumah tangga yang berlistrik dengan total rumah tangga se-Indonesia telah mencapai 99,70%.

Salah satu upaya pemerintah untuk memperoleh akses listrik adalah melalui program BPBL tersebut, selain perluasan jaringan melalui program listrik perdesaan.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR-RI, Zulfikar Hamonangan menyampaikan, Program BPBL diperjuangkan Pemerintah untuk masyarakat.

“Ini merupakan program gratis, anggaran yang dikeluarkan dari APBN, kami Komisi VII DPR RI mendukung penuh dalam program ini,” kata Zulfikar

Baca Juga  14.307 Rumah Tangga Tidak Mampu di Jawa Barat Dipasang Listrik Gratis

Zulfikar menyampaikan, masih terdapat 47 desa yang belum tersentuh dengan listrik dengan total rumah tangga lebih dari 1,2 juta.

“Akses yang sulit yang membuat pemerataan listrik menjadi terkendala, PLN harus mencari solusi terkait terkendala tersebut,” tegas Zulfikar.

Optimis Selesaikan Target

General Manager PT PLN (Persero) UID Banten Abdul Mukhlis menyampaikan, Kementerian ESDM menugaskan PLN untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL. Pada wilayah Banten ditargetkan sebanyak 2.500 rumah.

“Sudah hampir 100% dari target yang telah ditetapkan pemerintah dan PLN optimis akan menyelesaikan target tersebut secepatnya” ujar Mukhlis.

Asisten Daerah 1 Kota Tangerang Deni Koswara menyampaikan keterkejutannya bahwa masih ada warganya di perkotaan yang masih belum memiliki listrik.

“Ternyata di wilayah kepadatan penduduk yang cukup tinggi masih ada yang belum mendapatkan listrik, ternyata karena menyalur dari tetangga. Hal tersebut menjadi data kami di walikota terkait ini,” ungkap Deni.

Suci Lestari, seorang warga penerima manfaat di Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian pemerintah melalui listrik.

Pembuat sablon pakaian ini bersyukur kini tidak lagi menyambung listrik dari tetangganya.

“Alhamdulillah, biasanya kami bayar listrik sebesar Rp350.000 sekarang perbulan kurang dari Rp100.000,” ujar Suci.

Penerima manfaat BPBL lainnya Muanih, warga Kecamatan Pinang yang bekerja sebagai asisten rumah tangga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah.

“Alhamdulillah saya sangat senang dan tentunya meringankan beban saya perbulannya” kata Muanih. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Radja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life