Home » 4 Makanna Ini Bisa Cegah Osteoporosis Sekaligus Jaga Kesehatan Tulangmu

4 Makanna Ini Bisa Cegah Osteoporosis Sekaligus Jaga Kesehatan Tulangmu

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Low Back Pain adalah nyeri punggung bawah yang rasa sakit meliputi tulang punggung bawah, pinggang, panggul, dan bisa menjalar ke bokong atau kaki.

ESENSI.TV - JAMBI

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang akibat menurunnya kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. Osteoporosis biasanya dialami oleh orang dewasa hingga lanjut usia.

Tulang adalah kerangka yang membentuk tubuh kamu agar dapat berdiri tegak, apabila tulang kamu memiliki kerusakan, maka postur tubuhmu tidak akan sempurna lagi.

Maka dari itu, kamu perlu menjaga kesehatan tulang untuk menjaganya tetap sehat dengan memberikan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kalsium dan vitamin D.

Kalsium yang kamu konsumsi berfungsi sebagai penguat tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuhmu memproses penyerapan kalsium pada tulang.

Untuk itu, tahukah kamu apa saja makanan yang dapat kamu konsumsi untuk memenuhi nutrisi tulangmu?

Yuk simak, berikut ini 4 daftar makanan yang terbukti dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, dilansir melalui laman halodoc.

1. Susu dan Produk Olahannya

Seperti yang kamu tahu, susu adalah sumber kalsium terbaik yang berguna untuk memperkuat tulang. Maka dari itu, saat masa pertubuhan, anak di saranakan untuk mengonsumsi susu karena pada saat itu, tulang sangat membutuhkan kalsium sebagai proses pertumbuhan.

Dalam produk susu, tak jarang juga di vitamin D ditambahkan ke dalamnya. Vitamin D ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang.

Baca Juga  Tips Ajari Anak Siap Bertualang lewat Permainan

2. Sayuran Hijau

Vitamin C di dalam sayuran hijau berguna dalam memproduksi sel-sel pembentuk tulang. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang masuk ke dalam vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai diketahui memiliki kandungan vitamin B, vitamin D, dan vitamin E. tak hanya itu, kacang kedelai juga mengandung isoflafon dan phytoestrogen yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Tahu

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

Namun, tahukah kamu? ternyata tahu juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Adapun vitamin itu adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, serta vitamin D, A, B6, dan C.

Nah, itu dia 4 daftar makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulangmu. Favorite kamu yang mana, nih?

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life