Home » 8.226 Santri Diniyah Formal Ikuti Ujian Nasional 2024

8.226 Santri Diniyah Formal Ikuti Ujian Nasional 2024

by Junita Ariani
1 minutes read
Sebanyak 8.226 Santri Diniyah Formal Ikuti Ujian Nasional

ESENSI.TV - JAKARTA

Sebanyak 8.226 santri Pendidikan Diniyah Formal (PDF) akan mengikuti ujian nasional atau Imtihan Wathani tahun ini. Terdiri atas 4.700 santri jenjang Wustha dan 3.526 jenjang ‘Ulya.

PDF merupakan pendidikan pesantren berbasis kitab kuning binaan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag). PDF beroperasi sejak 2015.

Imtihan Wathani jenjang Wustha berlangsung dari 1- 3 Februari 2024. Sementara untuk jenjang ‘Ulya, akan diadakan dari 5-7 Februari 2024.

“Berbeda dengan sebelumnya, Imtihan Wathani tahun ini diselenggarakan dengan sistem Computer Based Test (CBT). Ini mencerminkan komitmen kita terhadap inovasi digital dan peningkatan kualitas pendidikan,” jelas Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani di Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Dikatakannya, pendidikan Diniyah Formal tidak hanya memberikan pengakuan yang setara dengan lembaga pendidikan lainnya. Tetapi juga menjamin kualitas yang diharapkan oleh pesantren.

Plt Direktur Pendidiikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghofur, menambahkan, peserta Imtihan Wathani terus meningkat dalam tiga tahun terakhir.

Baca Juga  Hadiri Silatnas ke-VII KONSAIN, Wapres Sampaikan 3 Pesan untuk Santri

Dua tahun sebelumnya, ujian nasional PDF diikuti 6.727 santri (2023) dan 6.219 santri (2022).

“Peningkatan ini mencerminkan kepercayaan dan minat yang tumbuh dalam kurikulum dan pedagogi yang ditawarkan oleh PDF,” sebut Waryono.

Dikatakannya, Imtihan Wathoni bukan sekadar penilaian akademik, tetapi juga refleksi dari upaya kita bersama dalam menjamin kualitas pendidikan yang ditawarkan di PDF.

“Ini adalah langkah kita untuk terus meningkatkan standar pendidikan agama Islam di Indonesia,” jelasnya.

Kemenag mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung Imtihan Wathani ini. Menurutnya, ujian ini tidak hanya menjadi tonggak dalam perjalanan pendidikan santri tetapi juga simbol kemajuan pendidikan Islam di Indonesia.

Kasubdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly (PDMA), Mahrus, bersyukur Imtihan Wathani jenjang Wustha dengan sistem CBT berjalan lancar.

Dia berharap Imtihan Wathani tingkat Ulya pada 5-7 Februari 2024 juga berjalan lancar. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life