Home » Akhir Tahun Sudah Dekat, Ini 4 Cara Hemat Liburan di Peak Season

Akhir Tahun Sudah Dekat, Ini 4 Cara Hemat Liburan di Peak Season

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi musim libur. Foto: Image by tawatchai07 on Freepik

ESENSI.TV - JAKARTA

Akhir tahun biasanya menjadi masa yang paling asyik untuk menghabiskan waktu libur. Namun, ada juga enggak enaknya karena artinya ini akan menjadi masa puncak alias peak season hari libur nasional.

Tahun 2023 akan segera berakhir. Artinya musim libur akan tiba. Ada yang libur Natal dan Tahun Baru. Bagi pelajar atau mahasiswa, akhir tahun juga menjadi waktu libur yang cukup panjang, yaitu libur semester.

Jadi, jangan heran kalau tempat-tempat hiburan dan sarana transportasi akan penuh. Dampaknya, harga tiket juga akan ikut naik. Wajalah, namanya hukum ekonomi, permintaan meningkat, penawaran tetap kan harga naik.

Waduh gimana ya? Jangan khawatir, mumpung masih ada waktu sebulan lagi, kamu masih bisa mengelola liburan peak season biar tetap hemat, seperti dianjurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam laman resminya, dikutip Rabu (8/11/2023).

1. Persiapkan Dana Travelling

Agar tidak mengganggu cash flow kamu, ada baiknya persiapkan dana untuk travelling jauh-jauh hari sebelum waktu rencana keberangkatanmu, terutama bagi kamu yang memang memiliki hobi tavelling.

Usahakan tidak mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang telah kamu persiapkan sejak awal, sehingga tidak mengganggu anggaran lainnya. Kamu boleh menabung 3 bulan, 6 bulan sebelumnya, atau lebih.

Berangkat liburan secara mendadak dengan memanfaatkan pendapatan kamu sebulan, hanya akan membuat kamu ‘tekor’ alias akhir bulan hanya makan mie instan! Jangan Gunakan cicilan kartu kredit untuk membiayai liburanmu, pokoknya jangan!

Persiapkan juga kebutuhan pokok sebelum berangkat. Obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata, lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Barang-barang tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di sekitar tempat wisata, mengingat hampir setiap orang pasti membutuhkannya.

2. Pesan Tiket Tranportasi dan Penginapan Lebih Awal

Pesan tiket transportasi dan penginapan sejak awal. Hindari memesan dalam waktu dekat, apalagi membeli tiket di tempat atau go-show, karena harga yang ditawarkan lebih mahal saat peak season.

Selain memesan lebih awal, kamu juga bisa mengunjungi pameran liburan/ travel fair untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah serta promo potongan harga yang menarik.

Baca Juga  Pendapatan Avatar Capai 2 Miliar Dolar

Agar lebih hemat dan praktis, kamu juga bisa memilih paket liburan menarik yang ditawarkan oleh beberapa travel agent, biasanya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan dan konsumsi.

3. Tentukan Destinasi Sebelum Berangkat

Pilih dan tulis daftar tempat yang ingin kamu kunjungi pada kota tujuanmu. Lakukan survei tempat menarik melalui beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau mobile apps yang tersedia.

Hindari memilih tujuan secara mendadak saat hari H, karena hal tersebut akan membuang sia-sia lebih banyak waktu liburanmu.

Sebaiknya hindari pula memilih terlalu banyak tujuan, karena selain menghabiskan banyak energi, mengunjungi terlalu banyak tempat juga memakan lebih banyak biaya.

Apa lagi kalau kamu sampai jatuh sakit karena kelelahan. Wah, malah bisa makan lebih banyak biaya, kalau sampai berobat ke rumah sakit segala!

4. Manfaatkan Free Wi-fi dan Miliki Asuransi Perjalanan

Jaringan wi-fi gratis akan membantu menghemat biaya pengeluaranmu. Jika kamu berencana berlibur ke luar negeri, cari tahu informasi mengenai provider/ sewa portable wi-fi yang berkualitas namun harganya tetap terjangkau.

Banyak traveller yang masih mengabaikan pentingnya asuransi perjalanan. Meskipun harus membayar uang ekstra, asuransi perjalanan itu sangat penting dimiliki untuk memberikan kamu perlindungan selama berwisata.

Banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita memiliki asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan tidak hanya menanggung kecelakaan atau meninggal saja, namun delay pesawat pun dapat ditanggung.

Jika bagasi atau barang anda hilang juga diganti bila dirasa perlu. Bahkan ada asuransi yang menanggung kegiatan penuh tantangan seperti naik gunung, rafting dn sky-diving. *

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H. Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life