Home » Angkat Produk UMKM Perikanan, KKP Hadirkan ”Ulammart” di Stasiun Gambir

Angkat Produk UMKM Perikanan, KKP Hadirkan ”Ulammart” di Stasiun Gambir

by Junita Ariani
1 minutes read
KKP menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan gerai "Ulammart", untuk memperluas akses pasar UMKM perikanan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan gerai “Ulammart”, Kamis (28/9/2023).

Gerai ini dibuat persis di Pintu Kedatangan Stasiun Gambir Jakarta untuk memperluas akses pasar UMKM perikanan.

“Ulammart ini bagian dari fasilitasi akses pemasaran dalam negeri untuk UMKM perikanan. Dengan segala keterbatasannya memerlukan uluran tangan pemerintah, bimbingan dan pendampingan,” ujar Dirjen PDSPKP, KKP, Budi Sulistiyo, Jumat (29/9/2023).

Budi mengatakan, gerai Ulammart akan membuka peluang kerjasama dan bisnis bagi semua pihak. Bahkan gerai serupa bisa direplikasi di stasiun-stasiun besar dan potensial guna menjadi hub pemasaran produk perikanan yang mewadahi seluruh UMKM nusantara.

Budi menilai ketersediaan sarana pemasaran memberikan peranan yang sangat penting dalam mendistribusikan hasil perikanan ke masyarakat. Dengan mutu yang tetap terjaga, meningkatkan pendapatan pemasar ikan dan mendukung peningkatan konsumsi ikan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KAI atas fasilitasi yang telah diberikan. Pembukaan Ulamart juga terasa spesial karena bersamaan dengan HUT KAI,” tutur Budi.

Saat ini, jumlah produk yang terdaftar di gerai Ulammart sebanyak 150 jenis produk yang berasal dari 50 UMKM dari 30 Kabupaten/kota 8 provinsi. Semua produk tersebut sudah dijamin standart mutu dan keamanan produknya.

Baca Juga  1.897 Jamaah Haji Indonesia Tiba di Makkah, Total Kuota 221.000 Orang

“Kami tetap membuka kesempatan bagi yang belum masuk, bukan hanya pangan tapi juga kerajinan dan tentunya harga bersaing,” urainya.

Angkat Daya Saing UMKM

Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Erwin Dwiyana mengatakan, konsumsi ikan masyarakat menjadi salah satu indikator kinerja utama KKP.

Adapun capaian Angka Konsumsi Ikan (AKI) Nasional tahun 2022 sebesar 57,27 kg/kapita setara utuh segar. Dengan total serapan ikan nasional sebesar 13,47 juta ton ikan utuh segar.

Capaian AKI tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,83% dibandingkan tahun 2021 sebesar 55,16 kg/kapita setara ikan utuh segar.

“Hadirnya Ulammart ini menjadi salah satu upaya kita untuk terus meningkatkan angka konsumsi ikan. Tentunya melalui produk olahan UMKM yang semuanya sudah terjamin mutunya,” jelas Erwin.

Sementara Deputi Bidang Pelayanan dan Komersial DAOP I Jakarta, Ali Afandi mengapresiasi hadirnya Ulammart di Stasiun Gambir.

Menurutnya, keberadaan gerai tersebut menjadi wujud sinergitas KKP dengan KAI guna mengangkat daya saing UMKM, khususnya perikanan.

“Kami full support pak, karena ini bagian dari keberpihakan kita terhadap UMKM,” tutur Ali. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Radja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life