Home » A&W: Memasak Tradisi Rasanya Sejak 1919

A&W: Memasak Tradisi Rasanya Sejak 1919

by Achmat
2 minutes read
https://awrestaurants.com/sites/default/files/AWFranchising%20Header_WEB.jpg

ESENSI.TV - Jakarta

A&W, sebuah ikon dalam industri makanan cepat saji, memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1919 di Lodi, California. Didirikan oleh Roy Allen dan Frank Wright, A&W dikenal karena menghadirkan pengalaman bersantap yang lezat dengan akar tradisional yang kuat. Berikut adalah penelusuran sejarah yang menarik dari restoran akar bir ini.

Awal Mula dan Nama Unik:

A&W berasal dari nama pendirinya, Roy Allen, yang memulai bisnisnya dengan membuka warung kopi. Pada tahun 1921, Frank Wright bergabung dan bisnis mereka pun berkembang. Nama “A&W” sendiri muncul ketika mereka membuka gerai pertama mereka di Sacramento dan memberi nama restoran tersebut sesuai dengan inisial nama belakang keduanya.

Sejarah A&W tidak bisa dipisahkan dari pengenalan minuman khas mereka, root beer. Pada tahun 1919, Roy Allen menciptakan root beer yang khas dengan menggunakan berbagai rempah-rempah seperti vanilla, wintergreen, dan birch bark. Root beer A&W segera menjadi sangat populer, dan pada tahun 1921, mereka mulai menjual root beer secara besar-besaran dalam botol. Minuman ini menjadi ciri khas A&W dan membawa merek ini ke tingkat ketenaran yang lebih tinggi.

Pada tahun 1921, A&W membuat sejarah dengan menjadi sistem waralaba pertama di dunia. Mereka memperbolehkan pengusaha independen untuk membuka gerai A&W di seluruh Amerika Serikat. Keberhasilan model bisnis waralaba ini memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan cepat A&W di seluruh negeri.

Pada tahun 1930-an, A&W mulai memperkenalkan konsep drive-in yang khas. Pelanggan bisa menikmati makanan mereka dari kenyamanan mobil mereka sendiri. Bahkan, para pelayan atau “carhops” akan melayani pelanggan langsung di mobil mereka. Era ini memberikan nuansa retro dan kenyamanan, menjadikan A&W sebagai destinasi yang populer bagi keluarga dan pemuda pada masa itu.

Baca Juga  Chuan Juan: Kuliner Tradisional Khas Sichuan

Perkembangan Menu dan Waralaba Global:

Selama beberapa dekade berikutnya, A&W terus mengembangkan menu mereka dengan tambahan seperti hot dog, burger, dan makanan cepat saji klasik lainnya. Ekspansi global dimulai pada tahun 1950-an, dan A&W menjadi salah satu merek makanan cepat saji pertama yang memiliki kehadiran internasional. Rasa khas root beer A&W tetap menjadi daya tarik utama di setiap gerai mereka.

Selama berbagai perubahan dalam industri makanan cepat saji, A&W terus beradaptasi dan menciptakan inovasi. Pada tahun 2011, A&W kembali menjadi bisnis independen setelah pemisahan dari pemilik sebelumnya. Meskipun mengalami beberapa penutupan gerai di Amerika Serikat, A&W terus berfokus pada waralaba dan mempertahankan kehadiran global yang kuat.

Komitmen Terhadap Kualitas dan Tradisi:

A&W terus mempertahankan komitmennya terhadap kualitas dan tradisi dalam setiap aspek operasionalnya. Root beer mereka yang terus menjadi ikon merek, dihadirkan dalam bentuk float atau sederhana dalam cangkir, tetap menjadi simbol kelezatan A&W.

Kesimpulan: A&W telah membawa warisan dan tradisi mereka dalam dunia makanan cepat saji selama hampir satu abad. Dengan root beer yang ikonik, model bisnis waralaba pertama di dunia, dan inovasi menu yang berkelanjutan, A&W terus memikat hati pecinta makanan cepat saji di seluruh dunia. Sebagai salah satu merek yang bertahan lama, A&W terus menjadi tempat untuk menikmati rasa klasik dan tradisional yang memikat pelanggan dari berbagai generasi.

Editor : Agita Maheswari

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life