Home » Bak Kut Teh: Kelezatan Sup Rempah Khas Malaysia

Bak Kut Teh: Kelezatan Sup Rempah Khas Malaysia

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://rasamalaysia.com/wp-content/uploads/2006/10/bak-kut-teh-thumb-500x500.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Bak Kut Teh adalah hidangan khas Malaysia yang terkenal dengan citarasa rempahnya yang khas dan aroma harum. Hidangan ini adalah sup yang terbuat dari berbagai jenis daging, rempah-rempah, dan bahan-bahan herbal yang dimasak dalam waktu yang lama. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Bak Kut Teh:

Asal Usul Bak Kut Teh

Bak Kut Teh pertama kali muncul di Klang, Malaysia, pada abad ke-19. Awalnya, hidangan ini adalah makanan tradisional masyarakat Hokkien yang tinggal di daerah pelabuhan.

Arti dari Nama Bak Kut Teh

“Bak Kut” dalam bahasa Hokkien berarti “daging babi,” sedangkan “Teh” berarti “teh herbal.” Nama ini mencerminkan bahan utama dan proses memasak hidangan ini.

Bahan Utama

Bahan utama dari Bak Kut Teh adalah potongan-potongan daging babi, seperti iga, perut, dan tulang belakang. Selain itu, rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar, kayu manis, dan lada juga digunakan.

Tahapan Persiapan

Daging babi direndam dalam air untuk menghilangkan darah dan bau tidak sedap. Kemudian dimasak bersama dengan rempah-rempah, seperti bawang putih, lada, dan kayu manis, dalam panci besar.

Proses Memasak yang Lama

Bak Kut Teh membutuhkan waktu memasak yang cukup lama, bahkan bisa mencapai beberapa jam, hingga daging menjadi empuk dan rempah-rempah meresap sempurna.

Varian Rasa

Ada dua varian utama dari Bak Kut Teh, yaitu versi “Keras” dan “Lunak”. Versi “Keras” menggunakan rempah-rempah yang lebih kental dan kaya rasa, sementara versi “Lunak” memiliki kuah yang lebih ringan dan daging yang lebih empuk.

Baca Juga  Panada Snack Sobat Esensi, ini Faktanya!

Penghidangan Tradisional

Bak Kut Teh sering disajikan bersama dengan nasi putih, teh, atau minuman ringan lainnya. Hidangan ini juga sering disertai dengan cakwe (kue panjang) dan sayuran.

Popularitas di Malaysia dan Singapura

Bak Kut Teh adalah salah satu makanan paling populer di Malaysia dan Singapura. Banyak restoran khusus Bak Kut Teh yang menyajikan hidangan ini setiap hari.

Pencarian oleh Wisatawan

Bak Kut Teh adalah salah satu makanan khas Malaysia yang banyak dicari oleh para wisatawan. Rasanya yang khas dan kelezatan daging yang dimasak hingga empuk menjadikannya sebagai salah satu makanan wajib dicicipi saat berkunjung ke Malaysia.

Kuliner Warisan

Bak Kut Teh adalah salah satu warisan kuliner yang patut dilestarikan. Kelezatan dan keunikannya menjadikan Bak Kut Teh sebagai salah satu hidangan yang banyak diminati di seluruh dunia.

Bak Kut Teh adalah hidangan yang mencerminkan kekayaan rempah-rempah dan keunikan cita rasa Malaysia. Supnya yang kaya rempah dengan daging babi yang empuk, menciptakan kombinasi rasa yang lezat dan memanjakan lidah. Mencicipi Bak Kut Teh adalah pengalaman kuliner yang memungkinkan kita untuk merasakan keindahan dan kelezatan kuliner Malaysia yang autentik.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life