Home » Bawaslu Ingatkan Parpol dan Tim Sukses Pilpres Tidak Pasang APK di Sembarang Tempat

Bawaslu Ingatkan Parpol dan Tim Sukses Pilpres Tidak Pasang APK di Sembarang Tempat

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat bersama perwakilan partai peserta Pemilu 2024 melakukan perapian alat peraga kampanye (APK) di wilayah Kecamatan Senen, Jumat (19/1/2024) malam. Foto: Info Publik

ESENSI.TV - JAKARTA

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat bersama perwakilan partai peserta Pemilu 2024 melakukan perapian alat peraga kampanye (APK) di wilayah Kecamatan Senen, Jumat (19/1/2024) malam.

Perapian APK ini dimulai dari depan kantor Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) yang berada di Jalan Salemba Raya hingga jembatan penyeberangan orang (JPO) Salemba Capitol Park Carolus.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Administrasi Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey mengatakan, kegiatan ini untuk merapikan alat peraga yang letaknya dinilai membahayakan masyarakat.

Nelson mengaku bahwa pihaknya bersama perwakilan partai politik melakukan pengecekkan jika terdapat APK yang melanggar maka langsung dirapikan.

“Kita bersama partai politik akan melihat jika ada APK di area yang membahayakan pengguna jalan akan kita rapikan sesuai dengan kesepakatan bersama peserta pemilu,” jelasnya, dalam keterangan resmi Bawaslu, dikutip Selasa (23/1/2024).

IPO Salemba

Sementara itu, Kepala Suku Badan (Suban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat menjelaskan bahwa perapian APK ini terpusat di JPO Salemba Capitol Park Carolus.

Menurutnya, di JPO ini sangat banyak APK yang terpasang sehingga dapet mengganggu mobilitas bus Transjakarta.

Baca Juga  Hassanudin Serahkan Hibah Daerah ke KPU dan Bawaslu Sumut

“Di sini memang banyak keluhan dari masyarakat terutama mobilitas bus Transjakarta yang dikhawatirkan dapat mengganggu jalannya bus Transjakarta karena banyak APK yang terpasang disepanjang separator Salemba dan Kramat menuju Senen,” ucap Rachmat dalam keterangannya dikutip di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Rachmat menambahkan, pihaknya telah mendata dan melaporkan kepada Bawaslu, KPU dan parpol peserta Pemilu akan titik-titik APK yang perlu dirapikan.

Tindak lanjut diserahkan kepada pihak parpol dan Bawaslu sesuai tugas dan kewenangan masing-masing pihak. Jajaran Pemkot, sementara itu, hadir sebagai fasilitator.

“Setelah dilaksanakannya perapian alat peraga kampanye malam ini nanti akan dilakukan evaluasi kembali,” tambah Rachmat.

Di tempat yang sama, Perwakilan Partai Peserta Pemilu 2024 Christianto sepakat dengan perapian alat peraga kampanye ini. “Ya sepakat dong karena kan perapian, namanya di tengah pesta kan pasti berantakan,” katanya.

Dari pantauan tim Kominfotik Jakpus terdapat 38 alat peraga kampanye terdiri dari spanduk dan bendera yang dicopot karena menyalahi aturan.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life