Home » Baznas Serahkan Beasiswa Prestasi dan Bantuan Lansia di Yogyakarta

Baznas Serahkan Beasiswa Prestasi dan Bantuan Lansia di Yogyakarta

by Junita Ariani
1 minutes read
Wapres KH Ma’ruf Amin menyerahkan bantuan Baznas kepada masyarakat Yogyakarta berupa bantuan pendidikan atau beasiswa prestasi kepada 40 siswa.

ESENSI.TV - YOGYAKARTA

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menyerahkan bantuan Baznas kepada masyarakat Yogyakarta berupa bantuan pendidikan atau beasiswa prestasi kepada 40 siswa.

Masing-masing bantuan senilai Rp1.800.000 per dua semester selama masa pendidikan. Dan, bantuan lansia seumur hidup berupa sembako senilai Rp500.000 dan uang tunai Rp300.000 setiap bulan kepada 200 orang penerima.

Penyerahan itu dilakukan Wapres di Pendopo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Pprovinsi DI Yogyakarta, Selasa (9/1/2024).

Penyerahan bantuan dilakukan Wapres saat meninjau Program Pejuang Ekonomi Nusantara (PENA), Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi Pendampingan dan Stimulan Modal Usaha. Serta Program Kredit Usaha Bersama (Pendampingan dan Stimulan Modal Usaha).

Wapres menyebutkan bahwa berbagai program telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas usaha masyarakat.

“Jadi pemerintah tidak hanya memberikan bansos untuk perlindungan sosial tetapi dalam rangka pengentasan kemiskinan itu justru kita ingin memberdayakan. Tadi saya lihat ada penghasilannya yang tadinya cuma Rp300 ribu menjadi Rp1 juta (per hari),” ungkap Wapres.

Baca Juga  Lantik 833 Perwira Remaja TNI-Polri, Inilah Pesan Jokowi yang Bikin Merinding

Ia meyakini bahwa UMKM-UMKM dapat terus tumbuh menjadi UKM bahkan menjadi usaha besar. Apabila didorong dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang telah dicanangkan pemerintah.

“Nah UKM ini jangan sampai dia stunting, artinya enggak naik-naik. Kita terus dorong lagi, kembangkan supaya dia jadi (usaha besar). Ini dalam rangka pengentasan kemiskinan,” tegasnya.

Ketua Baznas Yogyakarta, Puji Astuti mengatakan program bantuan beasiswa diberikan kepada siswa sekolah tingkat menengah ke atas yang tidak mendapatkan bantuan program pemerintah.

Demikian halnya dengan program bantuan lansia seumur hidup yang kini telah berjalan selama dua tahun, yang juga menyasar para lansia yang tidak tersentuh program bantuan apapun.

“Untuk bantuan lansia seumur hidup sasarannya adalah yang belum mendapatkan bantuan dari manapun. Kalau dia sudah mendapatkan bantuan, kita tidak berikan. Baznas mengambil sisa-sisanya yang belum diberikan bantuan,” jelasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life