Home » Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

by Junita Ariani
2 minutes read
Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan medis

Flek hitam merupakan bercak atau noda hitam yang sering kali muncul pada kulit wajah. Jelas kehadirannya sanngat mengganggu penampilan bahkan menurunkan rasa percaya diri.

Flek hitam terjadi karena adanya peningkatan produksi hormon melanin yang memberikan warna alami pada kulit. Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya peningkatan produksi hormon melanin di antaranya faktor genetik, paparan sinar ultraviolet. Seperti dari sinar matahari, atau tanning bed.

Faktor lainnya, menderita masalah kulit, seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi, melasma, serta melanosis Riehl.
Kemudian, penggunaan KB hormonal yang memicu hiperpigmentasi serta konsumsi obat-obatan tertentu. Seperti estrogen, tetrasiklin, amiodarone, fenitoin, dan sulfonamida.

Lantas bagaimana cara menghilangkannya?

Apakah flek hitam di wajah bisa hilang? Sebenarnya, sebagian besar flek hitam di wajah bisa memudar dan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia.

Di samping itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah baik secara alami maupun medis secara efektif. Di antaranya:

1. Lidah Buaya

Menggunakan gel lidah buaya merupakan cara alami menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa dicoba. Lidah buaya diketahui mengandung senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat memudarkan noda hitam di wajah.

Agar dapat memudarkan noda hitam secara optimal, oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah secara rutin setiap malam sebelum tidur. Lalu, bilas sisa gel lidah buaya tersebut pada pagi harinya.

2. Madu

Madu memiliki senyawa yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit, termasuk noda di wajah.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Hanya perlu mengoleskan madu secara langsung pada permukaan kulit wajah. Diamkan masker madu tersebut selama 5–10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Baca Juga  Ini Penyebab dan Cara Mengurangi Mata Panda Secara Alami

3. Teh Hijau

Cara menghilangkan flek hitam secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Pasalnya, teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mampu menghambat hiperpigmentasi. Sebagai salah satu penyebab flek hitam di wajah.

Selain itu, teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat karena turut mengurangi produksi minyak berlebih.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengompreskan kantong teh hijau yang telah diseduh pada kulit wajah sebanyak 2 kali sehari.

4. Krim Pencerah Wajah

Cara lain selanjutnya adalah dengan menggunakan krim pencerah wajah. Krim yang mengandung hydroquinone, retinoid, vitamin c, atau kojic acid, dinilai mampu mengatasi flek hitam secara efektif.

Begitupun, konsultasikan pemakaian krim wajah ini dengan dokter kulit untuk mengetahui kandungan yang cocok dengan kondisi kulit Anda.

6. Chemical Peeling

Chemical peeling adalah perawatan eksfoliasi wajah untuk mengangkat kulit mati yang menggunakan bahan-bahan kimia tertentu. Seperti alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), azelaic acid, salicylic acid, dan cairan asam lainnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa perawatan kulit wajah ini juga dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi. Karena itu, penting bagi Anda untuk membatasi perawatan chemical peeling agar tidak berlebihan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah baik secara alami maupun secara medis. Semoga berhasil! *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life