Home » Berikut Kandungan Skincare yang Aman untuk Kulit Berjerawat

Berikut Kandungan Skincare yang Aman untuk Kulit Berjerawat

by Junita Ariani
2 minutes read
Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif dan berjerawat jangan sembarangan menggunakan skincare. Karena justru jerawat bisa saja makin meradang.

ESENSI.TV - JAKARTA

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif dan berjerawat jangan sembarangan menggunakan skincare. Karena justru jerawat bisa saja makin meradang.

Untuk lebih amannya, jangan memilih skincare yang tidak berlabel Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selanjutnya, pilih kandungan yang aman dan tidak melukai kulit, serta sesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jelaskan bahan skincare untuk kulit berjerawat yang aman sebagaimana dilansir, Minggu (3/12/2023) di Jakarta.

1. Salicylic acid

Salicylic acid adalah kandungan yang umum dalam banyak produk skincare untuk mengatasi kulit berjerawat atau berminyak.

Bahan ini mengobati jerawat atau acne vulgaris dengan cara membuka pori-pori yang tersumbat akibat sebum. Salicylic acid juga berfungsi sebagai exfoliant.

Yaitu produk untuk mengikis sel kulit mati. Menggunakannya dapat membantu mengatasi bruntusan, komedo, dan hiperpigmentasi.

2. Azelaic acid

Skincare selanjutnya yang mengandung bahan azelaic acid. Bahan ini masih relatif jarang dalam produk skincare lokal. Padahal, azelaic acid tidak kalah efektif untuk mengatasi jerawat, lho.

Di dalamnya terkandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Cara kerjanya dengan cara membersihkan pori-pori dari bakteri yang menjadi penyebab munculnya acne vulgaris. Bahan ini juga dapat mengeksfoliasi kulit secara lembut.

Selain itu, kandungan ini juga mampu mencerahkan wajah, sehingga dapat membantu dalam memudarkan bekas jerawat.

Pastikan untuk menggunakan sunscreen setelahnya, ya. Sebab bahan ini membuat kulit lebih sensitif.

3. Sulfur, untuk kulit berjerawat

Sulfur atau belerang sudah mampu mengatasi berbagai jenis masalah kulit termasuk jerawat. Dengan sifatnya yang antijamur dan antibakteri, sulfur dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat seperti bakteri propionibacterium.

Baca Juga  Perjalanan Panjang Gitar Legendaris, Review Buku Brianna dan Bottomwise

Kandungan itu juga cocok untuk mengatasi komedo dan mengangkat sel kulit mati. Produk bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak dalam wajah. Bahan ini cocok untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat.

Di dalamnya memiliki komposisi yang lebih lembut untuk menangani jerawat. Namun, jangan sulfur bersamaan dengan zat aktif lain, karena memberikan efek yang terlalu keras di kulit.

5. Tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang cukup populer untuk mengobati jerawat. Di dalamnya bersifat antiinflamasi dan antimikroba, sehingga mampu menenangkan kemerahan, bengkak, dan peradangan.

Untuk mengurangi acne ringan, kamu bisa menggunakan gel dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5 persen. Bahan ini juga dapat mencegah dan mengurangi bekas jerawat

5. AHA dan BHA

Alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) memiliki komposisi berbeda, tapi berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit.

AHA berfungsi untuk menangani masalah kulit seperti bekas jerawat, hiperpigmentasi, pori-pori besar, garis halus, dan warna kulit yang tidak rata. Kandungan AHA relatif lebih lembut di kulit.

Sementara itu, BHA mampu mengatasi jerawat dan mengobati kerusakan kulit akibat sinar matahari. Cara kerjanya dengan cara masuk jauh ke dalam folikel rambut dan membuka pori-pori yang tersumbat. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Rudi H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life