Home » Biaya Hidup di Jakarta Jadi yang Termahal di Indonesia

Biaya Hidup di Jakarta Jadi yang Termahal di Indonesia

by fara dama
1 minutes read
Jakarta

ESENSI.TV - JAKARTA

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartin mengatakan DKI Jakarta menjadi wilayah dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Rata-rata nilai konsumsi di Jakarta yaitu Rp14,9 juta. Hal ini berdasarkan hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2022 oleh Badan Pusat Statistik.

“Kami melaporkan hasil survei biaya hidup tahun dasar 2022 dan hasilnya terdapat 10 kota dengan nilai konsumsi rata-rata per rumah tangga sebulan. Kota termahal pada 2018 yakni kota Bekasi dan untuk tahun 2022 DKI Jakarta menempati posisi pertama kota termahal,” jelas Pudji Ismartini dalam keterangan tertulis, Rabu (13/12/2023).

Pudji mengatakan, kota Bekasi menempati posisi kedua sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Adapun nilai konsumsi di kota Bekasi sebesar Rp14,3 juta. Hal tersebut berdasarkan hasil survei biaya hidup tahun dasar 2022.

“Kemudian diikuti dengan kota Surabaya dengan nilai konsumsi sebesar Rp13,3 juta per bulan. Untuk posisi keempat ada kota Depok dengan nilai konsumsi sebesar Rp12,3 juta per bulan,” ujarnya.

Baca Juga  Ditangkap Kasus Narkoba, Hasil Tes Kesehatan Ibra Azari Positif Konsumsi Sabu

Nilai Konsumsi Kota Makassar Hingga Balikpapan

Kota Makassar menduduki peringkat kelima sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.  Biaya konsumsi kota Makassar sebesar Rp11,5 juta per bulan. Keenam, kota Tangerang dengan angka konsumsi sebesar Rp10,9 juta per bulan.

Di posisi ketujuh adalah Kota Bogor dan ke delapan diduduki oleh Kota Kendari.

“Kota Bogor menempati posisi ketujuh dengan nilai konsumsi sebesar Rp10,7 juta perbulan. Pada urutan kedelapan terdapat Kota Kendari dengan nilai konsumsi sebesar Rp10,2 juta per bulan,” ucapnya.

Selanjutnya, Pudji juga menyebutkan kota Batam menempati posisi kesembilan dengan biaya konsumsi mencapai Rp10 juta per bulan. Kesepuluh Kota Balikpapan dengan besaran konsumsi sebesar Rp9,8 juta per bulan.

 

Editor: Dimas Adi Putra/Addinda Zen

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life