Home » Bibimbap: Kelezatan Hidangan Beras Berwarna-warni dari Korea

Bibimbap: Kelezatan Hidangan Beras Berwarna-warni dari Korea

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.seriouseats.com/thmb/9gYczIvS4R7ZvK19ahBns0xOG_k=/1500x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/20230113-Bibimbap-AmandaSuarez-hero-331e5e1ffa5b400fbb684e59b14d57c1.JPG

ESENSI.TV - JAKARTA

Bibimbap adalah salah satu hidangan khas Korea yang telah memikat banyak pecinta kuliner di seluruh dunia. Hidangan ini memiliki kombinasi warna, rasa, dan tekstur yang kaya, yang membuatnya sangat menarik dan nikmat. Kata “bibimbap” sendiri berasal dari bahasa Korea, yang berarti “campur” (bibim) dan “nasi” (bap). Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 fakta menarik tentang bibimbap:

Asal Usul yang Kaya

Bibimbap telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan merupakan bagian dari tradisi kuliner Korea yang kaya. Hidangan ini memiliki sejarah panjang yang berasal dari dinasti Joseon.

Makanan Rakyat

Awalnya, bibimbap adalah makanan yang dimakan oleh rakyat jelata di Korea. Namun, seiring berjalannya waktu, ia berkembang menjadi hidangan populer di kalangan bangsawan dan keluarga kerajaan.

Komponen Utama

Bibimbap terdiri dari nasi yang diberi berbagai jenis sayuran segar seperti lobak, bayam, kecambah, dan zucchini. Daging, biasanya daging sapi atau ayam, juga sering ditambahkan.

Bumbu yang Istimewa

Bibimbap disajikan dengan bumbu khusus yang dikenal sebagai gochujang, yaitu saus pedas berbasis pasta cabai merah yang memberikan rasa pedas dan gurih yang kuat pada hidangan.

Telur Goyang

Hidangan ini sering dihiasi dengan telur rebus setengah matang yang disebut “telur goyang.” Telur ini kemudian dilarutkan di atas bibimbap dan memberikan tekstur dan rasa yang khas.

Baca Juga  Fakta Menarik Hidangan Pisang Goreng!

Penghidangan yang Indah

Bibimbap sering disajikan dalam mangkuk atau wadah yang indah dan menarik. Komponen hidangan diletakkan secara simetris, menciptakan kombinasi warna yang menakjubkan.

Korean Bibimbap Day

Setiap tahun, pada tanggal 11 Oktober, Korea Selatan merayakan “Hari Bibimbap Korea” untuk menghormati dan mempromosikan hidangan ini.

Berbagai Macam Variasi

Ada banyak variasi bibimbap, termasuk dolsot bibimbap yang disajikan dalam wadah panas yang sangat panas, yang membuat lapisan bawah nasi menjadi garing. Ada juga bibimbap vegetarian dan bibimbap laut yang berisi berbagai hidangan laut.

Hidangan Sehat

Bibimbap adalah hidangan yang sehat karena memiliki banyak sayuran dan bahan-bahan segar. Selain itu, gochujang, bumbu khasnya, memiliki manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan.

Popularitas Global

Bibimbap telah menjadi populer di seluruh dunia dan dapat ditemukan di berbagai restoran Korea di luar negeri. Hidangan ini dihargai oleh banyak orang karena rasa dan keindahannya.

Bibimbap adalah hidangan yang merayakan keanekaragaman rasa dan tekstur, dan merupakan contoh sempurna dari kuliner Korea yang kaya. Dengan kombinasi sayuran segar, daging, dan bumbu pedas yang lezat, bibimbap menawarkan pengalaman makan yang memuaskan. Selamat menikmati kelezatan berwarna-warni dari bibimbap, hidangan Korea yang memikat hati pecinta kuliner di seluruh dunia.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life