Home » Binte Biluhuta: Warisan Budaya Kuliner Minahasa

Binte Biluhuta: Warisan Budaya Kuliner Minahasa

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.masakapahariini.com/wp-content/uploads/2020/08/binte-biluhuta.jpg

Binte Biluhuta adalah salah satu makanan khas dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia. Hidangan ini mengusung cita rasa tradisional yang khas dan menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Binte Biluhuta:

Asal Usul Nama

Nama “Binte Biluhuta” memiliki arti khusus dalam bahasa Minahasa. “Binte” berarti beras, sementara “Biluhuta” adalah nama tanaman yang dikenal sebagai daun kelor. Gabungan ini menggambarkan bahwa hidangan ini menggunakan beras sebagai bahan utama dan daun kelor untuk membungkus dan memberikan rasa.

Bahan Utama

Binte Biluhuta terbuat dari beras, ikan, dan bumbu rempah-rempah. Bahan-bahan ini menciptakan hidangan yang lezat dan sehat.

Proses Pembuatan

Binte Biluhuta adalah hidangan yang dibuat dengan cara yang cukup unik. Beras dan ikan dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, jahe, dan bawang merah. Campuran ini kemudian dibungkus dengan daun kelor dan dikukus hingga matang.

Cita Rasa Khas

Binte Biluhuta memiliki cita rasa gurih, pedas, dan sedikit manis karena penggunaan ikan sebagai salah satu bahan utamanya. Bumbu rempah yang digunakan memberikan hidangan ini rasa yang khas dan menggugah selera.

Kuliner Tradisional Minahasa

Binte Biluhuta adalah salah satu contoh autentik dari kuliner tradisional Minahasa. Hidangan ini merupakan warisan kuliner yang telah dilestarikan dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca Juga  Menguak Kisah Dinasti Tudor

Penghidangan Tradisional

Binte Biluhuta sering disajikan dalam acara-acara khusus, seperti perayaan budaya, acara keluarga, atau acara adat di masyarakat Minahasa. Hidangan ini juga populer di restoran dan warung makan di Sulawesi Utara.

Pengaruh Budaya Minahasa

Binte Biluhuta mencerminkan budaya dan tradisi masyarakat Minahasa. Penggunaan bahan-bahan lokal dan rempah-rempah tradisional merupakan contoh nyata dari kekayaan budaya di Indonesia.

Daun Kelor Tambahan Kesehatan

Penggunaan daun kelor sebagai pembungkus tidak hanya untuk cita rasa, tetapi juga untuk nilai kesehatan. Daun kelor memiliki kandungan gizi yang kaya dan memberikan sentuhan sehat pada hidangan ini.

Pencarian oleh Wisatawan

Binte Biluhuta juga menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara. Wisatawan sering mencari pengalaman mencicipi hidangan tradisional ini untuk merasakan cita rasa autentiknya.

Warisan Kuliner

Binte Biluhuta adalah salah satu makanan yang mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia. Hidangan ini diwariskan dari generasi ke generasi, menjadikannya salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan.

Binte Biluhuta adalah makanan yang mencerminkan kekayaan kuliner Minahasa, Sulawesi Utara. Citarasa yang khas dan cara penyajian yang unik menjadikannya pilihan yang populer bagi pencinta kuliner. Mengenal dan mencicipi Binte Biluhuta adalah mengenali keindahan budaya dan tradisi kuliner Indonesia yang kaya.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life