Home » BMKG Prakirakan Hujan Intensitas Lebat dan Panas Terik Terjadi Selama Nataru

BMKG Prakirakan Hujan Intensitas Lebat dan Panas Terik Terjadi Selama Nataru

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Peta prakiraan cuaca selama Nataru 2023/2024 BMKG. Foto: BMKG

ESENSI.TV - JAKARTA

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan intensitas lebat dan potensi suhu panas terik masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Untuk itu, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem selama periode Nataru 2023/2024.

Dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (24/12/2023), BMKG menyebutkan akses informasi cuaca dan peringatan dini cuaca lebih lengkap dapat diakses di apps @InfoBMKG dan website https://bmkg.go.id.

Kondisi tersebut di atas dipicu oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer, sebagai berikut:

Sirkulasi angin di Laut Cina Selatan (LCS) masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia, sehingga potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat.

Sirkulasi di LCS ini diidentifikasi sebagai Bibit Siklon Tropis 18W yang bergerak ke arah barat menuju daratan Semenanjung Malaysia dan berpotensi rendah menjadi sistem siklon tropis.

Sirkulasi angin di LCS tersebut juga secara tidak langsung memberikan dampak terhadap kurangnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan ekuator.

Kondisi ini diperkuat juga dengan adanya fase kering fenomena MJO (Madden Jullian Oscillation) di sebagian wilayah Indonesia.

Baca Juga  Gerhana Matahari Hibrid pada 20 April, BMKG: Matahari Seperti Cincin

Sehingga turut memicu kurangnya tutupan awan pada siang hari, mengakibatkan pada siang hari kondisi suhu cukup panas dan terik dengan kisaran suhu dapat mencapai 35°-37°C.

Kondisi suhu terik pada siang hari ini diprediksikan masih dapat terjadi hingga 3 hari ke depan di sebagian wilayah Jawa – Nusa Tenggara.

Potensi Hujan Sepekan Kedepan

Berdasarkan analisis potensi dinamika atmosfer di atas dan adanya sinyal aktif fenomena Gelombang Rossby di wilayah selatan ekuator dalam sepekan ke depan, maka potensi hujan SEDANG-LEBAT pada periode tanggal 23 Desember 2023 – 1 Januari 2024 dapat terjadi di sebagian wilayah :

– Aceh

– Sumatra Utara

– Sumatra Barat

– Riau

– Kep. Riau

– Jambi

– Bengkulu

– Sumatra Selatan

– Kep. Bangka Belitung

– Lampung

– Banten

– Jawa Barat

– Jawa Tengah

– Jawa Timur

– Kalimantan Barat

– Kalimantan Tengah

– Sulawesi Selatan

– Papua

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life