Home » Buka Festival Pelatihan Vokasi 2023, Wapres Dorong Akselerasi Revitalisasi

Buka Festival Pelatihan Vokasi 2023, Wapres Dorong Akselerasi Revitalisasi

by Junita Ariani
1 minutes read
Wapres KH Ma’ruf Amin didampingi Menaker Ida Fauziyah membuka acara Festival Pelatihan Vokasi 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023). 

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menghadiri sekaligus membuka acara Festival Pelatihan Vokasi 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Festival Pelatihan Vokasi 2023 ini diinisiasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Wapres mengatakan, dibutuhkan adanya optimalisasi terhadap kebijakan pelatihan vokasi. Seperti akses pelatihan keterampilan, infrastruktur, dan penguatan sinergi pelatihan vokasi dan industri.

Secara khusus, Wapres meminta agar kebijakan mendorong pencarian kerja dengan cepat dapat diprioritaskan.

Akselerasi revitalisasi perlu terus disinergikan, sehingga tidak hanya fokus pada peningkatan akses dan mutu. Percepatan revitalisasi juga harus membenahi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi, sehingga terus relevan dengan kebutuhan pasar kerja,” ungkapWapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga menekankan pentingnya pelatihan kepada para pekerja untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dan dinamika di lapangan. Sehingga kemampuan yang dimiliki para pekerja ini dapat terus terasah.

Wapres meminta agar akselerasi dapat terselenggara secara konsisten. Sebab tidak hanya untuk mempersiapkan mereka terserap di pasar kerja. Tetapi juga mendorong para pekerja memiliki kemampuan dalam berwirausaha.

Baca Juga  Tips Menyusui Bagi Ibu Bekerja

“Optimalkan berbagai terobosan dengan mempertimbangkan keunggulannya. Seperti durasi waktu lebih singkat, sesuai dengan kebutuhan industri dan inklusif menjangkau semua kalangan,” ujar Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres menyampaikan harapan besarnya agar upaya revitalisasi dalam pelatihan vokasi dapat memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, Menteri Ketenagakerjaan Periode 2005-2009 Erman Soeparno.

Direktur Utama BPJS Ketengakerjaan Anggoro Eko Cahyo, serta jajaran praktisi pelatihan produktivitas dan akademisi.

Sementara, Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi.

Staf Khusus Masduki Baidlowi dan Masykuri Abdillah, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Iggi Haruman Achsien. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life