Home » Char Kway Teow: Kuliner Khas Malaysia yang Menggoda Selera

Char Kway Teow: Kuliner Khas Malaysia yang Menggoda Selera

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://christieathome.com/wp-content/uploads/2020/12/Char-Kway-Teow-28-scaled.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Char Kway Teow adalah hidangan khas yang berasal dari Malaysia dan Singapura. Hidangan ini adalah sejenis mi goreng yang terbuat dari mi lebar dan tipis yang digoreng bersama dengan berbagai bahan seperti udang, kerang, telur, tauge, dan sosis. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Char Kway Teow:

Asal Usul Char Kway Teow

Char Kway Teow memiliki akar dalam budaya Tionghoa, khususnya Hokkien. Hidangan ini pertama kali muncul di daerah Selatan Tiongkok, dan kemudian diadaptasi menjadi hidangan populer di Malaysia dan Singapura.

Bahan Utama

Bahan utama dari Char Kway Teow adalah mi kering lebar dan tipis, yang terbuat dari tepung beras dan tepung kentang. Selain itu, hidangan ini juga menggunakan telur, udang, kerang, tauge, sosis, dan beberapa rempah-rempah.

Arti Nama Char Kway Teow

“Char” dalam bahasa Kantonis berarti “menggoreng” sedangkan “Kway Teow” berarti “mi beras lebar.” Nama ini mencerminkan proses memasak hidangan ini, yaitu mi lebar yang digoreng bersama berbagai bahan.

Proses Memasak

Mi dan bahan-bahan lainnya seperti udang, kerang, dan telur digoreng dalam wajan panas dengan minyak dan kecap. Rempah-rempah dan saus tambahan seperti sambal juga ditambahkan untuk memberikan cita rasa yang kaya.

Rasa Unik

Char Kway Teow memiliki cita rasa yang unik, dengan paduan rasa gurih, manis, dan pedas. Penggunaan minyak dan kecap dalam proses memasak menciptakan tekstur mi yang renyah.

Baca Juga  Lezatnya Fuyunghai Sayur, Ini Faktanya!

Penghidangan Tradisional

Char Kway Teow sering disajikan di warung-warung pinggir jalan, restoran, atau pusat makanan di Malaysia dan Singapura. Hidangan ini bisa dinikmati sebagai makanan ringan atau makanan utama.

Popularitas di Malaysia dan Singapura

Char Kway Teow adalah salah satu makanan yang paling populer di Malaysia dan Singapura. Banyak penjual kaki lima dan restoran yang menghidangkan hidangan ini setiap hari.

Pencarian oleh Wisatawan

Char Kway Teow adalah salah satu makanan khas Malaysia dan Singapura yang sering dicari oleh para wisatawan. Rasanya yang khas dan kelezatan mi yang digoreng menjadikannya sebagai salah satu makanan wajib dicicipi saat berkunjung ke Malaysia dan Singapura.

Pengaruh Budaya Tionghoa

Char Kway Teow mencerminkan pengaruh budaya Tionghoa di Malaysia dan Singapura. Penggunaan bahan-bahan tradisional dan rempah-rempah khas memberikan cita rasa khas hidangan ini.

Kuliner Warisan

Char Kway Teow adalah salah satu warisan kuliner yang patut dilestarikan. Kelezatan dan keunikannya menjadikan Char Kway Teow sebagai salah satu hidangan yang banyak diminati di seluruh dunia.

Char Kway Teow adalah hidangan yang mencerminkan keanekaragaman kuliner Tionghoa. Rasa gurih mi yang digoreng dengan berbagai bahan tambahan seperti udang, kerang, dan telur, menciptakan perpaduan cita rasa yang memukau. Mencicipi Char Kway Teow adalah pengalaman kuliner yang memungkinkan kita untuk merasakan keindahan dan kelezatan kuliner Malaysia dan Singapura yang autentik.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life