Home » Chuan Juan: Kuliner Tradisional Khas Sichuan

Chuan Juan: Kuliner Tradisional Khas Sichuan

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://govt.chinadaily.com.cn/images/201905/24/5ce760a6498e079efefd7d07.jpeg

Chuan Juan adalah hidangan tradisional dari Sichuan, salah satu provinsi di Tiongkok yang terkenal dengan rempah-rempah dan makanan pedasnya. Hidangan ini merupakan varian dari hot pot, yang merupakan hidangan yang sangat populer di seluruh Tiongkok. Chuan Juan dikenal dengan citarasa pedas, gurih, dan berbagai bahan makanan yang diolah bersama. Dalam artikel ini, kita akan membahas fakta menarik tentang Chuan Juan:

Asal Usul

Chuan Juan berasal dari Sichuan, provinsi yang terkenal dengan makanan pedas dan rempah-rempahnya. Hidangan ini telah menjadi bagian penting dari budaya kuliner Tiongkok dan menjadi salah satu makanan yang sangat dicari oleh wisatawan.

Bahan Utama

Bahan utama dalam Chuan Juan adalah daging, terutama daging sapi, daging ayam, atau seafood seperti udang dan cumi-cumi. Selain itu, sayuran segar seperti kol, bawang daun, dan daun ketumbar juga sering digunakan.

Pengolahan Daging

Daging untuk Chuan Juan dipotong tipis dan biasanya disajikan dalam keadaan mentah. Ketika dimakan, daging tersebut akan dimasak secara langsung di atas meja dengan menggunakan hot pot atau panci panas.

Bumbu dan Saus

Rempah-rempah adalah bagian kunci dari hidangan ini. Campuran bumbu khusus, termasuk cabe, jahe, dan bawang putih, sering digunakan untuk memberikan rasa pedas dan gurih. Selain itu, saus tambahan seperti saus kacang, saus hoisin, dan saus wijen juga disajikan sebagai pendamping.

Baca Juga  Guacamole: Kelezatan Meksiko yang Penuh Warna

Teknik Memasak

Teknik memasak Chuan Juan melibatkan memasak daging dan bahan lainnya dengan meletakkannya di atas hot pot yang telah dipanaskan. Setelah matang, bahan-bahan tersebut digulung dengan menggunakan daun sayuran dan disantap.

Citarasa Unik

Hidangan ini menawarkan cita rasa yang unik dengan perpaduan pedas, gurih, manis, asam, dan sedikit pahit. Hal ini menciptakan pengalaman makan yang luar biasa dan menggugah selera.

Keunikan Penyajian

Chuan Juan memiliki metode penyajian yang unik. Makanan dimasak di atas meja, sehingga setiap orang dapat memasak makanannya sesuai dengan preferensi mereka sendiri.

Popularitas Global

Karena cita rasanya yang khas dan keunikan penyajiannya, Chuan Juan telah mendapatkan popularitas di luar Tiongkok, terutama di negara-negara di mana makanan pedas menjadi favorit banyak orang.

Hidangan Sosial

Chuan Juan adalah hidangan yang sering dinikmati secara bersama-sama dalam acara makan bersama teman atau keluarga. Ini adalah hidangan sosial yang mempromosikan kebersamaan dan kesenangan dalam menikmati makanan bersama.

Chuan Juan adalah hidangan yang lezat, kaya akan rempah-rempah, dan menggugah selera yang merupakan bagian integral dari kuliner Tiongkok, khususnya dari provinsi Sichuan yang terkenal dengan makanan pedasnya. Rasakan pengalaman makan yang luar biasa dengan mencicipi Chuan Juan, dan nikmati pengalaman kuliner yang membawa Anda ke dalam kekayaan cita rasa Tiongkok.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life