Home » Churrasco: Kelezatan Daging Bakar ala Brasil

Churrasco: Kelezatan Daging Bakar ala Brasil

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://nuestrostories.com/wp-content/uploads/2023/03/Brazilian-Churrasco.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Churrasco adalah hidangan daging bakar yang berasal dari Brasil dan sangat populer di seluruh Amerika Latin. Hidangan ini menghadirkan kelezatan daging segar yang dipanggang dengan cara khusus, menciptakan rasa yang lezat dan unik. Churrasco adalah bagian penting dari budaya kuliner Brasil dan banyak negara Amerika Latin lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang churrasco:

Asal Usul

Churrasco berasal dari negara bagian Rio Grande do Sul di Brasil. Hidangan ini merupakan warisan dari para gaucho, yaitu petani dan penggembala yang hidup di pampas Brasil.

Arti Kata “Churrasco”

Kata “churrasco” berasal dari bahasa Spanyol dan Portugis yang berarti “daging yang dipanggang di atas api terbuka.” Ini mencerminkan cara memasak daging dalam hidangan ini.

Beragam Jenis Daging

Churrasco menggunakan berbagai jenis daging, termasuk sapi, ayam, babi, kambing, dan bahkan sosis. Beberapa hidangan churrasco khusus juga dapat mencakup daging eksotis seperti buaya dan rusa.

Panggangan Khusus

Untuk memanggang daging dengan sempurna, churrasqueiro (ahli panggang) menggunakan panggangan khusus yang disebut churrasqueira. Panggangan ini seringkali memiliki gril yang dapat diatur tinggi rendahnya untuk mengontrol panas.

Pemanggangan Tradisional

Dalam pemanggangan tradisional churrasco, daging tidak diasinkan atau dimarinasi secara berlebihan. Sebaliknya, citarasa asli daging harus dapat terasa saat disantap.

Pembuatan Sederhana

Cara memasak churrasco relatif sederhana. Daging hanya perlu dibumbui dengan garam kasar sebelum dipanggang di atas bara api.

Baca Juga  Melacak Jejak Sejarah: Revolusi Industri di Inggris

Sajian All-You-Can-Eat

Di restoran churrascaria, hidangan churrasco disajikan dalam gaya “rodizio,” di mana para pelayan berkeliling dengan daging yang masih terpanggang dan mengirisnya langsung ke piring para tamu. Ini adalah pengalaman all-you-can-eat yang populer.

Saus dan Tambahan

Hidangan churrasco sering disajikan dengan saus dan tambahan seperti chimichurri (sambal khas Argentina), farofa (tepung manis yang gurih), dan pão de queijo (roti keju Brasil).

Perayaan Khusus

Churrasco adalah hidangan yang sering disajikan dalam acara-acara khusus dan perayaan di Brasil. Ini merupakan cara bagi keluarga dan teman untuk berkumpul dan merayakan bersama.

Popularitas Global

Churrasco telah menjadi populer di seluruh dunia dan dapat ditemukan di banyak restoran internasional di luar Brasil. Hidangan ini terus menarik minat pecinta kuliner di berbagai negara.

Churrasco adalah hidangan yang memukau dengan citarasa daging yang lezat dan sederhana. Dalam keindahan sederhana dalam cara memasak dan penyajian, hidangan ini mencerminkan keramahan dan tradisi Brazil yang kaya. Dengan berbagai macam daging yang bisa dinikmati, churrasco akan terus menjadi hidangan favorit di seluruh dunia. Selamat menikmati kelezatan churrasco, kelezatan daging bakar ala Brasil yang menggugah selera.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life