Home » Dari Menkopolhukam Jadi Bacawapres, Ini Sosok Mahfud MD

Dari Menkopolhukam Jadi Bacawapres, Ini Sosok Mahfud MD

by Addinda Zen
1 minutes read
Mahfud MD

PDIP baru saja meresmikan Mahfud MD sebagai bakal calon Wakil Presiden (bacawapres) mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang. Ketua Umum PDIP, Megawati menyebut, Mahfud MD merupakan sosok intelektual yang mumpuni. Menurutnya, Mahfud MD juga dikenal sebagai pendekar hukum dan kerap membela orang-orang kecil (wong cilik).

Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957 dengan nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin. Ia merupakan akademisi, hakim, sekaligus politisi. Mengawali karir sebagai akademisi di Universitas Islam Indonesia. Sebagai hakim, ia pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013.

Mahfud MD dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) pada 23 Oktober 2019 silam. Ia dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Indonesia Maju. Mahfud MD menggantikan Wiranto yang menjabat sebagai Menkopolhukam selama 3 bulan. Ia menjadi orang sipil pertama yang berhasil mengemban jabatan tersebut.

“Beliau akan menjadi Menkopolhukam, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan korupsi, kepastian hukum, deradikalisasi, dan anti terorisme berada di wilayah Prof. Mahfud MD,” ujar Jokowi.

Karier Politik Mahfud MD

Sebelumnya, Mahfud MD pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan Menteri Kehakiman pada tahun 2000-2001. Mahfud juga sempat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (ad interim) menggantikan Tito Karnavian 2020 lalu. Setelahnya, ia juga menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (ad interim).

Baca Juga  Mahfud MD Tegaskan Halalbihalal ASN dan BUMN Bisa Dilakukan Setelah 2 Mei

Mahfud MD juga telah menjajal jabatan di wilayah kekuasaan legislatif. Pada 2004-2008, ia menempati Komisi III dan Wakil Ketua Badan Legislatif DPR RI. Bahkan, ia juga pernah bertugas sebagai Plt. Staf Ahli dan Deputi Menteri Negara Urusan HAM pada 1999-2000.

Pada 2022 lalu, Mahfud MD mendapat penghargaan tertinggi dari Universitas Udayana, Bali. Penghargaan Udayana Award diberikan padanya karena dinilai mampu menegakkan hukum yang berkeadilan secara konsisten di tengah masyarakat. Ia juga pernah menerima penghargaan sebagai praktisi pemerintahan terbaik 2013 silam. Penghargaan ini diberikan oleh Masyarakat Ilmu Pemerintahan (MIPI) yang diketuai oleh Fauzi Bowo.

Sejak 2018, Mahfud MD juga masuk sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ini merupakan lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Setelah diresmikan sebagai bacawapres, Mahfud menyatakan ia akan berupaya untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur.

“Sebuah kehormatan karena diberikan amanah dan tanggung jawab bersama bung Ganjar meneruskan cita-cita pendiri bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur,” jelas Mahfud.

Mahfud MD diusung oleh 4 partai, yaitu PDIP, Perindo, PPP, dan Hanura.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life