Home » Deep Purple: Legenda Rock yang Mengguncang Dunia

Deep Purple: Legenda Rock yang Mengguncang Dunia

by Achmat
2 minutes read
Deep Purple

ESENSI.TV - Jakarta

Deep Purple, terbentuk pada tahun 1968 di Inggris, adalah salah satu band hard rock paling berpengaruh dalam sejarah musik. Dikenal dengan kombinasi gitar keras, keyboard menggelegar, dan vokal yang kuat, mereka menjadi pionir dalam genre hard rock dan heavy metal.

Awal perjalanan Deep Purple ditandai dengan formasi pertama mereka, yang mencakup vokalis Rod Evans dan gitaris Ritchie Blackmore. Album pertama mereka, “Shades of Deep Purple” (1968), menciptakan dampak di tangga lagu dengan versi mereka yang kontroversial dari lagu “Hush.”

Pada 1969, Deep Purple mendapat formasi klasik mereka dengan bergabungnya vokalis Ian Gillan dan bassis Roger Glover. Album “In Rock” (1970) dan “Machine Head” (1972) menjadi tonggak sejarah dengan lagu-lagu megah mereka. Seperti “Smoke on the Water,” yang menjadi anthem untuk penggemar rock di seluruh dunia.

Tensi internal dan perubahan line-up terjadi, tetapi Deep Purple terus bereksperimen dengan suara blues dan funk. Album “Burn” (1974) menandakan kedatangan vokalis baru David Coverdale dan bassis Glenn Hughes, membawa warna baru ke dalam musik mereka.

Setelah masa istirahat sementara, Deep Purple kembali dengan album “Perfect Strangers” (1984), menampilkan kembalinya formasi Mark II. Album ini berhasil secara komersial dan kembali membuktikan bahwa kekuatan kreatif band ini tidak lekang oleh waktu.

Baca Juga  Profil Artis: Dua Lipa, Ikon Pop Modern

Beberapa pergantian personel terjadi, dan band terus bereksperimen dengan elemen-elemen baru. Album seperti “Now What?!” (2013) menunjukkan bahwa Deep Purple tetap relevan dan memiliki kemampuan untuk menghadirkan musik yang segar.

Prestasi dan Pengakuan

Deep Purple memperoleh berbagai penghargaan termasuk masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2016. Pengakuan ini mencerminkan pengaruh mereka yang tak terbantahkan dalam mengukir sejarah rock.

Deep Purple tidak hanya menciptakan musik yang mempesona. Selama beberapa dekade, mereka mewariskan warisan kuat yang terus memengaruhi generasi-generasi berikutnya. Dengan kombinasi unik mereka dari instrumen-instrumen yang kuat dan komposisi yang mendalam, mereka telah membuktikan bahwa hard rock bukan hanya genre musik, tetapi seni yang abadi.

Melalui perjalanan panjang mereka, Deep Purple telah menjadi pelopor dan pemimpin di dunia hard rock. Dengan riffs gitar yang menggema, vokal yang memukau, dan kreativitas yang tak terbatas, mereka telah menciptakan catatan yang terukir dalam sejarah musik. Deep Purple tetap menjadi ikon yang mewarnai dunia musik rock, dan pengaruh mereka akan terus terdengar di setiap not balok yang dimainkan oleh penggemar setia mereka.

#beritaviral
#faktamenarik

Editor: Agita Maheswari

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life