Home » Diabetes? Atasi dengan Konsumsi 5 Ikan Ini!

Diabetes? Atasi dengan Konsumsi 5 Ikan Ini!

by Administrator Esensi
1 minutes read
https://s3.bukalapak.com/bukalapak-kontenz-production/content_attachments/websites/10/96403/original/Jenis_Ikan_Salmon_Di_Indonesia.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Mengonsumsi makanan laut, khususnya ikan, secara rutin sangat disarankan bagi penderita diabetes. Diabetes bukan hanya masalah gula darah, tapi juga melibatkan resistensi insulin yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), orang dengan diabetes tipe 2 memiliki risiko dua kali lebih tinggi terkena penyakit jantung atau stroke.

Ikan merupakan sumber protein dan vitamin D yang bermanfaat bagi berbagai aspek kesehatan tubuh, termasuk tulang, kulit, mata, dan saraf. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan juga diyakini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan peradangan.

Para ahli percaya bahwa konsumsi ikan dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena penderita sering kali memiliki kadar vitamin D yang rendah, dan ikan adalah sumber yang baik untuk menambah asupan vitamin D tersebut. Kandungan protein dalam ikan juga memberikan energi serta omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga  Keluarga dan Korban Vaksin Covid-19 Tuntut Astrazeneca Rp2 T

Ini beberapa ikan rekomendasi untuk diabetes:
1. Ikan Kod

2. Ikan Sarden

3. Ikan Trout

4. Ikan Salmon

5. Ikan Tilapia

American Heart Association (AHA) merekomendasikan setiap orang, untuk mengonsumsi dua porsi ikan per minggu. Satu porsi ikan setara dengan 3,5 ons ikan matang atau sekitar tiga seperempat cangkir ikan yang dipipihkan. Namun, American Diabetes Association (ADA) menyarankan agar penderita memilih ikan yang tinggi asam lemak omega 3 dan membatasi konsumsi ikan yang memiliki risiko tinggi terkontaminasi merkuri.

 

Sumber: Kompas.com

Editor: Dimas Adi Putra

#beritaviral

#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life