Home » Eclair: Kelezatan Prancis yang Menggoda

Eclair: Kelezatan Prancis yang Menggoda

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.seriouseats.com/thmb/f3kx43qc--aS4-okr8VNpnSAZZQ=/1500x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/__opt__aboutcom__coeus__resources__content_migration__serious_eats__seriouseats.com__2020__12__20201210-choux-eclairs-vicky-wasik-16-acf615b81c2f4217857bbf80d60c28c1.jpg

Éclair adalah salah satu kue yang berasal dari Prancis yang terkenal dengan bentuknya yang panjang dan isian krim yang lezat. Kata “éclair” dalam bahasa Prancis berarti “kilat,” yang mungkin merujuk pada cepatnya kue ini dimakan atau kilauan krim yang menghiasi permukaannya. Éclair adalah hidangan manis yang tercintai dan menjadi favorit di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang éclair:

Asal Usul Éclair

Éclair dikenal berasal dari Prancis pada abad ke-19. Nama dan konsepnya telah berkembang dari roti kering yang disebut “pain à la duchesse” yang digunakan untuk membuat éclair seperti bentuknya sekarang.

Komponen Utama

Éclair terdiri dari tiga komponen utama: choux pastry (adonan kue soes), krim isian, dan glasir. Choux pastry adalah ciri khas éclair, yang memiliki tekstur ringan dan berongga di dalam.

Pengisian Krim

Éclair diisi dengan berbagai jenis krim, seperti pastry cream (krim patiseri), custard, whipped cream, atau bahkan ganache. Setelah diisi, éclair biasanya dihias dengan glasir.

Teknik Memasak Adonan Kue Soes

Adonan kue soes untuk éclair dimasak dengan cara yang khas, yaitu dicampurkan dengan mentega, direbus dengan api kecil, dan kemudian dimasak lagi dengan menambahkan telur sedikit demi sedikit.

Berbagai Rasa

Éclair dapat memiliki berbagai rasa tergantung pada jenis krim yang digunakan. Beberapa varian éclair yang populer adalah cokelat, kopi, karamel, vanila, lemon, dan buah-buahan.

Baca Juga  Tagliatelle al Ragù alla Bolognese: Faktanya!

Penampilan dan Presentasi

Éclair memiliki penampilan yang menggugah selera, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Permukaannya dilapisi dengan glasir yang mengkilap, dan sering dihias dengan motif artistik atau potongan buah.

Popularitas Internasional

Éclair adalah salah satu kue Prancis yang paling populer di seluruh dunia. Kelezatannya dan variasi rasanya membuatnya diminati oleh banyak orang.

Inspirasi untuk Dessert Lain

Éclair telah menjadi inspirasi untuk dessert-dessert modern lainnya, seperti kue kering éclair, éclair es krim, dan kue tart berbentuk éclair.

Hari Éclair

Di Prancis, terdapat “Fête de l’éclair” atau Hari Éclair yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 Juni untuk memperingati kue ini. Acara ini termasuk pameran éclair, kompetisi, dan penjualan éclair di berbagai toko roti.

Inovasi Modern

Seiring berjalannya waktu, éclair telah mengalami inovasi dan variasi. Misalnya, éclair dapat diisi dengan berbagai rasa dan tekstur, seperti mousse, crème brûlée, atau bahkan selai buah.

Éclair adalah kelezatan Prancis yang menawan hati para pencinta manis di seluruh dunia. Dengan tekstur yang ringan dan berbagai rasa yang menggugah selera, éclair telah menjadi ikon kue klasik yang tak lekang oleh waktu. Mencicipi éclair adalah seperti mengambil jalan pintas ke dunia manis yang memanjakan lidah, dan pasti akan memuaskan hasrat pencinta kue.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life