Home » Elektabilitas Kian Melejit, Survei Poltracking: Prabowo-Gibran Menang 60,1% Suara di Jatim

Elektabilitas Kian Melejit, Survei Poltracking: Prabowo-Gibran Menang 60,1% Suara di Jatim

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Tiga pasang capres dan cawapres 2024 dan jajaran KPU, di Jakarta, Minggu (22/1/2024). Foto: KPU

ESENSI.TV - JAKARTA

Dari simulasi Surat Suara tiga pasangan Calon Presiden – Wakil Presiden menunjukkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas tertinggi, yaitu 60,1%.

Disusul oleh pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD dengan elektabilitas 17,2%, kemudian di posisi ketiga pasangan no urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 14,9%.

Survei digelar tanggal 25 hingga 31 Januari 2024.

Survei Poltracking Indonesia berjudul Peta Suara Pilpres di Provinsi Tertentu: Siapa Pemenang di Jawa Timur?, menunjukkan tren elektabilitas calon presiden – wakil presiden di Jawa Timur, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar sempat turun di Juni 2023, dan sedikit mengalami kenaikan di September 2023.

Setelah memastikan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Anies Baswedan, rentang September 2023 ke Januari 2024 tren elektoral relatif stabil dengan kenaikan tipis 1,3%.

Sementara tren pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur konsisten mengalami tren kenaikan sejak Juni 2023.

Kenaikan signifikan terjadi dari rentang September 2023 ke Januari 2024 (19.5%), di mana dalam rentang tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Sedangkan tren Ganjar Pranowo relatif stabil memimpin sejak Mei 2022 hingga Juni 2023, namun disalip Prabowo Subianto pada September 2023.

Baca Juga  Komisi II Minta KPU Konsisten Melaksanakan PKPU Nomor 10/2023

Setelah September 2023 tren elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan dari posisi 21% di Januari 2024 meski sudah dipastikan menggandeng Mahfud MD sebagai cawapres.

Tren Elektabilitas Naik Signifikan

Tren elektabilitas Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka yang naik signifikan, membuat basis pemilih ikut bergeser dibandingkan dengan September 2023.

Berdasarkan wilayah Algomerasi – Kultural, wilayah Mataraman yang awalnya menjadi basis Ganjar Pranowo bergeser ke Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Sementara wilayah Pantura dan Arek pada September 2023 menjadi wilayah berimbang antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, pada Januari 2024 cenderung kepada pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Sementara wilayah Madura yang awalnya kompetitif antara Anies Baswedan dan Prabowo Subianto hingga saat ini masih menjadi wilayah kompetitif antara Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Sedangkan wilayah Tapal Kuda masih menjadi basis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pergeseran pemilih di wilayah Algomerasi-Kultural, seperti Mataraman, Arek, Pantura dan sebagian Tapal Kuda juga menandakan pergeseran pemilih Joko Widodo 2019 ke pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life