Home » Enam Manfaat Buah Duku Wajib Kamu Tahu

Enam Manfaat Buah Duku Wajib Kamu Tahu

by Junita Ariani
1 minutes read
Berikut manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh

Duku termasuk salah satu buah yang digemari masyarakat karena rasanya yang manis. Namun, siapa sangka buah duku juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah bernama latin Lansium parasiticum ini masih satu keluarga dengan buah langsat. Perbedaannya, buah duku memiliki daging yang lebih tebal, rasa yang lebih manis, dan lebih tahan lama.

Berikut manfaat dari buah duku bagi kesehatan tubuh, Selasa (3/10/2023).

1. Mencegah sembelit

Buah musiman ini dipercaya mampu mengatasi sembelit. Kemampuan ini berkat serat dari buah ini sendiri. Setiap 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

2. Menambah energi dan menjaga sistem saraf

Lansium parasiticum juga berfungsi untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf. Ini karena buah ini mengandung beragam jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niasin.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerna lemak

Di samping vitamin B, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Buah ini juga cocok bagi yang sedang menjalankan diet. Duku bisa menjadi pengganti camilan makanan manis dan kandungan seratnya dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga  Maksimalkan Performa Olahraga Anda: 10 Tips yang Efektif

4. Sebagai obat anti malaria

Biji buah duku juga dapat digunakan sebagai obat anti malaria. Kemampuan inj sudah diteliti oleh ahli dari Thailand dan Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Phytochemistry.

Dari penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa ekstrak biji duku dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum.

Penyakit malaria yang satu ini merupakan jenis yang paling berbahaya. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi kepada dokter untuk penanganan yang tepat.

5. Mencegah tumor pada kulit

Bukan hanya itu, daun dari buah Lansium parasiticum ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mugio Nishikawa di laboratorium Tokushima Bunri University, Jepang.

6. Mencegah kanker

Selain mencegah pertumbuhan tumor, daun buah Lansium parasiticum juga dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmasi dari Kyoto Pharmaceutical University, Jepang. Yang menyebutkan bahwa daun buah duku memiliki kandungan anti mutagenik.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life