Home » Fakta Kandungan Buah Mangga bagi Kesehatan

Fakta Kandungan Buah Mangga bagi Kesehatan

by Junita Ariani
1 minutes read
Buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Mangga adalah buah yang dikenal dengan rasanya yang lezat dan manis. Karena rasanya yang manis, tak heran banyak orang yang menyukai buah yang satu ini.

Buah mangga rupanya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sebagai gambaran, satu cangkir mangga segar seberat 165 gram dapat menyediakan, Kalori 99 kkal, Protein 1,4 gram, karbohidrat 24,7 gram.

Kemudian, lemak 0,6 gram, serat 2,6 gram, gula 22,5 gram, vitamin C 67 persen dari angka kebutuhan harian (DV).  Tembaga 20 persen dari DV, folat 18 persen dari DV, Vitamin B6 12 persen dari DV, Vitamin K 6 persen dari DV.

Selanjutnya, niasin 7 persen dari DV, Kalium 6 perse dari DV, Vitamin A 10 persen DV, Vitamin E 10 persen dari DV, Riboflavin 5 persen dari DV. Magnesium 4 persen dari DV, dan Tiamin 4 persen dari DV.

Berikut fakta buah mangga bagus untuk kesehatan seperti dikutip, Kamis (5/10/2023).

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mangga mengandung senyawa amilase dan serat makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Senyawa ini juga berfungsi mencegah sembelit.

Amilase merupakan senyawa yang dapat membantu melarutkan makanan lain di perut, memecah pati yang sulit, sehingga mencegah sembelit.

2. Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

Buah yang satu ini mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dikarenakan kandungan vitamin A yang dapat berfungsi menurunkan risiko infeksi.

Baca Juga  Lima Alasan Greek Yoghurt Baik bagi Kesehatan

Vitamin C pada mangga juga dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit. Vitamin C juga membantu sel-sel tubuh bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit.

3. Tinggi Senyawa Tanaman Sehat

Mangga mengandung polifenol, yakni senyawa tumbuhan yang bertugas sebagai antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh.

Mangga juga mengandung lebih dari selusin jenis senyawa tumbuhan berbeda yang terkonsentrasi pada daging, kulit, dan bahkan inti bijinya.

Adapun senyawa tersebut adalah mangiferin, katekin, antosianin, asam galat, kaempferol, ramnetin, asam benzoat. Antioksidan penting karena melindungi sel dari radikal bebas. Senyawa yang sangat reaktif ini dapat merusak sel.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Buah mangga mengandung polifenol yang memiliki sifat antikanker. Polifenol berperan sebagai pelindung dari stres oksidatif, yang terkait dengan banyak jenis kanker.

Kandungan polifenol pada mangga dapat mengurangi stres oksidatif, menghancurkan atau menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker. Termasuk leukemia dan kanker usus besar.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life