Home » Februari 2024, Pengangguran di Bali Terendah. Benarkah?

Februari 2024, Pengangguran di Bali Terendah. Benarkah?

by Raja H. Napitupulu
1 minutes read
Pantai

ESENSI.TV - JAKARTA

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka pengangguran di Bali menempati posisi kedua terendah se-Indonesia, yaitu 1,87%. Sementara posisi terendah di Indonesia ditempati Provinsi Papua Pegunungan 1,18%.

Papua Pegunungan didirikan berdasarkan Undang-Undang No. 16 tahun 2022, tanggal 25 Juli 2022. Artinya, hingga Februari 2024, Bali tercatat memiliki pengangguran terbuka yang paling sedikit di seluruh Indonesia.

“Rendahnya pengangguran di Bali kemungkinan underutilized labor atau tenaga kerja yang kurang dimanfaatkan. Pekerja paruh waktu dan pekerja setengah pengangguran,” ujar Dosen Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Bali, Ni Made Tisnawati dihubungi dari Jakarta, Selasa (07/05/2024).

Ia mengatakan, untuk menentukan jumlah pasti angka pengangguran di Bali maka harus dicek lagi data di BPS. Utamanya untuk melihat jumlah penduduk yang bekerja menurut status pekerjaan utama.

Menurut dia, kemungkinan besar angka yang dicatat BPS adalah pekerja yang terserap di sektor informal. Dengan status pekerja paruh waktu dan setengah pengangguran.

Baca Juga  Bandung Raih Juara I Kontes Domba Tingkat Nasional

“Mereka bekerja sesuai batasan BPS. Tetapi belum optimal, baik dari segi waktu, penghasilan, maupun kesesuaian pendidikan dan pekerjaan,” ungkap Made Tisna.

Data BPS

Lebih jauh, data BPS juga mencatat, penduduk bekerja paling banyak berstatus buruh/karyawan/pegawai, yaitu sebesar 37,31%. Sementara yang paling sedikit berstatus berusaha dibantu buruh tetap dan dibayar, yaitu sebesar 3,52%.

Dibandingkan Februari 2023, status buruh/ karyawan/pegawai dan pekerja bebas di nonpertanian mengalami kenaikan. Masing-masing sebesar 0,97% poin dan 0,20% poin.

Sedangkan untuk status pekerjaan yang lain mengalami penurunan. Penurunan terbesar pada berusaha dibantu buruh tidak tetap/pekerja keluarga/tidak dibayar yaitu sebesar 0,35% poin.

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life