Home » Feta: 10 Fakta Menarik Tentang Keju Yunani yang Klasik

Feta: 10 Fakta Menarik Tentang Keju Yunani yang Klasik

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.worldofvegan.com/wp-content/uploads/2022/05/how-to-make-tofu-feta-cheese-cubes-recipe.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Asal Usul Feta: Keju Klasik Yunani

Feta adalah keju asal Yunani yang telah ada selama ribuan tahun. Nama “feta” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “irisan.”

Bahan-Bahan Utama: Susu Kambing dan Domba

Feta dibuat dari susu kambing dan domba, meskipun ada juga variasi yang terbuat dari susu sapi. Susu dicampur dengan bakteri asam laktat dan ragi untuk membentuk curd (adonan yang mengental).

Varietas Feta: Putih dan Kuning

Ada dua varietas utama feta: feta putih dan feta kuning. Feta putih adalah yang paling umum dan memiliki rasa yang lebih ringan, sementara feta kuning diberi warna dengan bahan alami seperti saffron atau kunyit.

Teknik Pembuatan: Pengeringan Udara dan Penyimpanan dalam Garam

Feta diproduksi melalui teknik pengeringan udara dan penyimpanan dalam larutan garam. Ini memberikan rasa dan tekstur yang khas pada keju feta.

Rasa yang Tegar: Gurih dan Garam

Feta memiliki rasa yang tegar, gurih, dan garam yang khas. Ini membuatnya cocok untuk digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Penggunaan dalam Kuliner Yunani: Peran dalam Hidangan Tradisional

Feta adalah bahan utama dalam hidangan-hidangan Yunani klasik seperti Greek salad (salad Yunani) dan moussaka. Rasanya yang unik membuatnya berkontribusi pada cita rasa khas masakan Yunani.

Baca Juga  Roti Canai: Kuliner Warisan Malaysia yang Menggugah Selera

Feta di Seluruh Dunia: Popularitas Internasional

Feta telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi bahan yang populer dalam hidangan internasional. Banyak restoran dan kafe di luar Yunani menyajikan hidangan-hidangan yang menggunakan feta.

Kreativitas dalam Penggunaan: Variasi Modern

Feta sering digunakan dalam hidangan-hidangan modern, termasuk sandwich, pizza, dan hidangan penutup seperti tart feta dengan madu.

Kesehatan dan Nutrisi: Kandungan Gizi yang Baik

Feta adalah sumber protein dan kalsium yang baik. Keju ini juga rendah lemak, membuatnya menjadi pilihan yang sehat dalam makanan.

Kesimpulan: Feta, Keju Yunani yang Klasik yang Mempesona

Feta adalah keju yang menggabungkan citra global, rasa yang khas, dan popularitas yang terus berkembang. Dengan asal usul yang kaya dan popularitas yang meluas, feta adalah bukti bahwa makanan dapat membawa kenikmatan, rasa, dan kehangatan ke dalam hidup kita. Ketika Anda menikmati feta berikutnya, Anda akan lebih menghargainya sebagai bahan yang telah menghubungkan orang dari berbagai budaya dan latar belakang. Feta adalah simbol cita rasa, kesehatan, dan tradisi kuliner Yunani yang memanjakan selera dengan kenikmatan yang mendalam dalam setiap gigitannya.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life