Home » Fried Carrot Cake: Kelezatan Kuliner Khas Singapura

Fried Carrot Cake: Kelezatan Kuliner Khas Singapura

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.vforveganista.com/wp-content/uploads/2021/01/hero2-edited-10-1067x650.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Fried Carrot Cake atau lebih dikenal sebagai “Chai Tow Kway” adalah salah satu hidangan tradisional Singapura yang sangat populer di kalangan masyarakat lokal dan juga turis. Meskipun namanya mengandung kata “carrot,” hidangan ini sebenarnya tidak terbuat dari wortel, melainkan terbuat dari lobak putih yang digiling dan dicampur dengan bahan-bahan lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Fried Carrot Cake:

Asal Usul Fried Carrot Cake

Fried Carrot Cake memiliki akar yang dalam dalam budaya kuliner Tionghoa. Awalnya berasal dari Tiongkok Selatan, hidangan ini kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Lobak Putih Sebagai Bahan Utama

Bahan utama dari Fried Carrot Cake adalah lobak putih yang diparut dan dicampur dengan tepung beras dan air hingga membentuk adonan padat.

Tahapan Persiapan

Setelah adonan dibuat, langkah selanjutnya adalah memasak adonan dalam loyang hingga membentuk blok besar, kemudian mendinginkannya. Setelah dingin, blok adonan dipotong menjadi potongan kecil sebelum digoreng.

Penggunaan Telur dan Bumbu

Selain lobak putih, Fried Carrot Cake juga dicampur dengan telur, bawang putih, bawang merah, dan bumbu-bumbu khusus seperti kecap ikan, kecap manis, dan lada.

Dua Varian Warna

Fried Carrot Cake memiliki dua varian warna, yaitu putih dan hitam. Varian putih menggunakan lobak putih yang belum dimasak, sedangkan varian hitam menggunakan lobak putih yang sudah dimasak dengan kecap manis.

Baca Juga  Biryani: Kelezatan dengan Fakta Menarik

Tekstur yang Berbeda

Varian putih memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal, sementara varian hitam memiliki tekstur yang lebih kental dan padat karena lobak putih sudah dimasak.

Topping Tambahan

Beberapa varian Fried Carrot Cake bisa ditambahkan dengan bahan tambahan seperti udang, cumi, atau daging cincang untuk meningkatkan cita rasa dan tekstur hidangan.

Penghidangan Tradisional

Fried Carrot Cake sering dihidangkan sebagai sarapan atau camilan di Singapura. Hidangan ini bisa ditemukan di kedai makanan pinggir jalan, hawker center, dan restoran lokal.

Kombinasi Rasa Unik

Fried Carrot Cake memiliki kombinasi rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. Kombinasi bumbu dan tekstur yang beragam membuat hidangan ini sangat diminati.

Pencarian oleh Wisatawan

Fried Carrot Cake adalah salah satu makanan khas Singapura yang banyak dicari oleh wisatawan. Mencicipi hidangan tradisional ini adalah bagian dari pengalaman kuliner yang tak terlupakan di Singapura.

Fried Carrot Cake adalah salah satu kuliner khas Singapura yang menggabungkan rasa lezat dan tekstur unik. Rasa manis dan gurih dari lobak putih yang digiling, dikombinasikan dengan tekstur kenyal dan cita rasa telur, menjadikan hidangan ini sebagai pilihan yang populer. Mencicipi Fried Carrot Cake adalah pengalaman kuliner yang memungkinkan kita untuk merasakan keindahan dan kelezatan kuliner Singapura yang autentik.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life