Home » Gempa Garut, 3 Warga Meninggal Dunia Tertimbun Material Longsor

Gempa Garut, 3 Warga Meninggal Dunia Tertimbun Material Longsor

by Raja H. Napitupulu
1 minutes read
Foto : Proses evakuasi korban yang tertimbung longsor di Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Jumat (26/4). (BPBD Kabupatemn Garut)

ESENSI.TV - JAKARTA

Tim gabungan berhasil temukan tiga warga yang dilaporkan tertimbun material longsor. Gempa terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Kamis (25/4/2024) malam waktu setempat. Ketiga korban tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, Jumat (26/4/2024).

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan berdasarkan laporan Pusdalops BNPB, Jumat (26/4) pukul 14.32 WIB. Peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda. Durasinya cukup lama pada wilayah Desa Talagajaya Kecamatan Banjarwangi.

Longor tersebut juga berdampak pada beberapa bangunan. Antara Satu unit rumah alami rusak berat dan satu unit fasilitas peribadahan rusak berat. Sementara itu dua unit kendaraan roda empat dan tiga unit kendaraan roda dua turut tertimbun material longsor.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Teluk Tomini, Begini Analisis BMKG

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dan tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan melakukan pembersihan material longsor.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya bagi yang berada di wilayah rawan bencana longsor, agar meningkatkan kesiapsiagaan di masa musim penghujan. Antara lain dengan menanam tanaman yang berakar mengikat tanah seperti Vetiver, pohon Alpukat, dan pohon Sukun. Selain itu agar memantau prakiraan cuaca di wilayahnya masing-masing agar dapat mempersiapkan diri jika mengharuskan untuk mengungsi ke tempat lebih aman.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life