Home » Gempa M4,3 Guncang Bawean Jawa Timur dan Sekitarnya

Gempa M4,3 Guncang Bawean Jawa Timur dan Sekitarnya

by Nazarudin
1 minutes read
ilustrasi gempa

ESENSI.TV -

GEMPA tektonik terjadi di wilayah Bawean, Jawa Timur dan sekitarnya pada Minggu, 12 Mei 2024 pukul 21:33:07 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.87° LS; 112.56° BT tepatnya di laut pada jarak 128 km arah Timur Laut Tuban, JATIM dengan kedalaman 8 Km.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Menurut dia, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bawean III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya dalam siaran pers, Minggu, 12 Mei 2024.

Baca Juga  Misteri di Dasar Laut: Memahami Terbentuknya Palung

Dia mengatakan, hingga hari Minggu, 12 Mei 2024 pukul 21:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan Gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Bawean M6,0 yang terjadi pada hari Jumat pukul 11.22.45 WIB beberapa waktu lalu. “Telah tercatat adanya 657 kali gempa bumi susulan atau aftershock,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga dimintai agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life