Home » Gouda: Kelezatan Keju Klasik dari Belanda

Gouda: Kelezatan Keju Klasik dari Belanda

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://cdn2.bigcommerce.com/server5900/ohhf8/product_images/uploaded_images/gouda.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Gouda, sering disebut sebagai Gouda cheese, adalah salah satu jenis keju paling terkenal dan tercinta di dunia. Nama “Gouda” merujuk pada kota Gouda di Belanda, yang merupakan tempat asal usul keju ini. Keju Gouda memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang khas, dan telah menjadi bagian penting dari kuliner global. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Gouda:

Asal Usul yang Kaya

Keju Gouda pertama kali dibuat di abad ke-12 di kota Gouda, Belanda. Sejak itu, ia telah menjadi salah satu produk ekspor terbesar Belanda.

Nama yang Terlindungi

Nama “Gouda” merupakan nama yang dilindungi, yang berarti hanya keju yang diproduksi di daerah tertentu di Belanda yang memiliki izin untuk disebut “Gouda.”

Variasi Umur

Gouda tersedia dalam berbagai tingkat kematangan, mulai dari Gouda muda (jong) hingga yang sangat tua (extra belegen atau oude). Semakin tua keju Gouda, semakin keras dan berubah rasa dan teksturnya.

Rasa yang Lezat

Gouda muda memiliki rasa yang lembut dan gurih dengan sentuhan manis. Sementara itu, Gouda tua memiliki rasa yang lebih pekat, karamel, dan kadang-kadang bahkan sedikit butterscotch.

Tekstur yang Unik

Gouda dikenal dengan tekstur yang khas. Gouda muda memiliki tekstur yang lembut dan mudah dipotong, sementara yang lebih tua dapat menjadi lebih rapuh dan penuh kristal keju yang memberikan tekstur renyah.

Baca Juga  Jelajahi Ragam Rasa dalam Satu Porsi: Mengenalkan Nasi Kucing, Kuliner Nusantara yang Unik

Proses Produksi

Proses produksi Gouda melibatkan pemasukan bakteri asam laktat ke dalam susu yang membantu dalam fermentasi. Kemudian, susu mengental dan dipotong menjadi curd yang kemudian direndam dalam air panas sebelum diperas dan diproses menjadi keju.

Warna Kuning Khas

Keju Gouda sering diberi warna kuning muda yang khas, meskipun beberapa jenis Gouda, seperti Gouda asap (smoked Gouda), juga populer dan memiliki warna cokelat muda.

Pilihan Tambahan

Gouda sering kali diisi dengan bahan tambahan seperti bawang, cabai merah, dan rempah-rempah. Gouda berlapis seperti Gouda dengan lapisan merah juga umum dijumpai.

Popularitas Global

Gouda telah menjadi salah satu keju paling populer di seluruh dunia dan dapat ditemukan di banyak pasar dan toko keju di luar Belanda.

Penghargaan Internasional

Gouda telah meraih berbagai penghargaan di kompetisi keju internasional, mencerminkan kualitas dan keragaman rasa yang dimilikinya.

Keju Gouda adalah salah satu keju yang paling dikenal dan dicintai di dunia. Kualitas, rasa yang lezat, dan keragaman tingkat kematangan membuatnya sangat berharga dalam dunia kuliner. Apakah Anda menyukai Gouda muda yang lembut atau Gouda tua yang kaya rasa, Gouda akan selalu menjadi keju yang tak terlupakan. Selamat menikmati kelezatan keju Gouda klasik dari Belanda!

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life