Home » Gunung Lhotse Eksplorasi Gunung Tertinggi ke-4 di Dunia

Gunung Lhotse Eksplorasi Gunung Tertinggi ke-4 di Dunia

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/72/Lhotse-fromChukhungRi.jpg

Gunung Lhotse adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang membentang di Pegunungan Himalaya, membentuk ciri khas puncak alam yang megah. Merupakan puncak terkait dengan Gunung Everest dan memiliki sejumlah fakta menarik yang memikat para pendaki dan penggemar alam. Di artikel ini, kami akan menjelajahi 10 fakta menarik tentang Gunung Lhotse, gunung keempat tertinggi di dunia:

Ketinggian dan Posisi Geografis

Gunung Lhotse memiliki ketinggian mencapai 8.516 meter (27.940 kaki) di atas permukaan laut, menjadikannya gunung tertinggi keempat di dunia. Terletak di wilayah antara Nepal dan Tibet, di perbatasan antara kedua negara.

Nama dan Arti Lhotse

Kata “Lhotse” berasal dari bahasa Tibet yang berarti “Tinggi Selatan”. Puncak ini memang berada di sebelah selatan Gunung Everest.

Pertama Kali Dinaiki

Puncak utama Gunung Lhotse pertama kali dicapai pada tanggal 18 Mei 1956 oleh ekspedisi Swiss, yaitu Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger, sebagai bagian dari ekspedisi Swiss Everest.

Hubungan dengan Gunung Everest

Lhotse memiliki ketinggian yang mendekati Gunung Everest dan dipisahkan dari puncak utama Everest oleh Col South, sebuah lembah glasial yang mendalam. Pendakian Lhotse sering dimulai dari Col South di Gunung Everest.

Jalur Pendakian

Rute standar untuk mencapai puncak Gunung Lhotse adalah melalui sisi selatan, yang juga merupakan bagian dari rute ekspedisi Everest. Pendakian ini menawarkan pemandangan luar biasa sepanjang perjalanan.

Baca Juga  Menag: Pelaksanaan Wukuf di Arafah Berjalan Baik, 7 Jemaah Wafat

Penghargaan Tertinggi

Gunung Lhotse dianggap sebagai salah satu tantangan utama bagi pendaki gunung tinggi. Pencapaiannya membutuhkan keterampilan teknis tinggi dan kondisi fisik yang sangat baik.

Kematian Pendaki

Seperti banyak gunung tinggi lainnya, pendakian Gunung Lhotse juga memiliki risiko besar. Beberapa pendaki telah kehilangan nyawa mereka dalam usaha mencapai puncak, menggarisbawahi kebutuhan akan persiapan yang matang dan pengalaman.

Perjalanan yang Memakan Waktu

Pendakian Gunung Lhotse adalah perjalanan yang memakan waktu, yang membutuhkan persiapan yang intensif dan beberapa minggu untuk mencapai puncak. Cuaca yang tidak dapat diprediksi dan medan yang sulit menambah tingkat kesulitan.

Puncak Tertinggi Kedua Lhotse

Lhotse memiliki tiga puncak utama, dengan yang tertinggi adalah Lhotse Main (Puncak Utama), diikuti oleh Lhotse Shar dan Lhotse Middle.

Pengaruh Terhadap Kesehatan

Tingginya ketinggian dan tekanan rendah di puncak Gunung Lhotse dapat mempengaruhi kesehatan pendaki, menyebabkan penyakit ketinggian seperti edema paru-paru dan edema otak. Oleh karena itu, kesiapan fisik dan aklimatisasi yang baik sangat penting.

Gunung Lhotse adalah pencapaian besar dalam dunia pendakian gunung dan menyajikan tantangan bagi para pendaki yang ingin mencapai puncaknya. Keindahan alam dan kesulitan pendakian menjadikan Lhotse salah satu tujuan yang menarik bagi para pendaki gunung yang berani menghadapi medan dan cuaca yang sulit demi meraih puncak tertinggi di keempat di dunia.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life