Home » Gunung Manaslu Menjelajahi Gunung Tertinggi ke-8 di Dunia

Gunung Manaslu Menjelajahi Gunung Tertinggi ke-8 di Dunia

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://peakvisor.com/photo/manaslu-1.jpg

Gunung Manaslu, dengan ketinggian 8.163 meter (26.781 kaki) di atas permukaan laut, adalah salah satu gunung tertinggi di dunia. Terletak di Pegunungan Himalaya di Nepal, gunung ini memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri yang menarik para pendaki dan pecinta alam. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Gunung Manaslu:

Arti Nama Manaslu

Nama “Manaslu” diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “Gunung Jiwa”. Dalam budaya dan kepercayaan lokal, gunung ini dianggap sebagai tempat tinggal roh dan memiliki nilai spiritual yang tinggi.

Pendakian Pertama

Puncak Manaslu pertama kali berhasil dicapai pada tanggal 9 Mei 1956 oleh sebuah ekspedisi Jepang yang dipimpin oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, seorang Sherpa.

Gunung Tertinggi ke-8 di Dunia

Manaslu adalah gunung tertinggi ke-8 di dunia dan merupakan tujuan favorit bagi para pendaki yang mencari tantangan dan pengalaman mendaki yang unik.

Jalur Pendakian

Rute standar untuk mendaki Gunung Manaslu adalah melalui sisi utara, yaitu dari pihak Nepal. Pendakian ini membutuhkan izin khusus dan pendakian bersama dengan anggota ekspedisi.

Zona Konservasi Manaslu

Gunung Manaslu terletak di Zona Konservasi Manaslu yang mencakup wilayah pegunungan dan desa sekitarnya. Zona ini dikelola dengan hati-hati untuk melindungi alam dan ekosistemnya.

Trekking Laris

Selain pendakian ke puncak, Trek Manaslu juga populer di kalangan para penjelajah. Trek ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, desa-desa tradisional, dan jembatan gantung yang mengesankan.

Baca Juga  Lumpia Jawa Tengah: Kelezatan Kuliner yang Menggoda

Tingkat Kesulitan

Meskipun dianggap sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia, pendakian Gunung Manaslu tidak terlalu teknis dibandingkan dengan beberapa gunung lainnya. Namun, kondisi cuaca yang berubah-ubah dan medan yang sulit tetap merupakan tantangan.

Keunikan Pemandangan

Pendaki Gunung Manaslu dapat menikmati pemandangan yang luar biasa, termasuk pemandangan Lembah Budi Gandaki, gletser, dan puncak-puncak gunung lain di sekitar.

Pengalaman Budaya

Saat menjelajahi Gunung Manaslu, pendaki juga dapat merasakan pengalaman budaya yang kaya dengan bertemu dan berinteraksi dengan penduduk setempat, terutama di desa-desa Sherpa.

Pengalaman Mendaki yang Mempesona

Pendakian Gunung Manaslu adalah pengalaman yang mempesona dan membanggakan. Meraih puncaknya memberikan kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi para pendaki.

Gunung Manaslu adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang menyajikan tantangan dan keindahan alam yang menakjubkan. Pendakian ke puncaknya menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dan mendalam bagi para petualang yang mencari keagungan alam dan pencapaian luar biasa. Tetapi, selalu penting untuk mempersiapkan diri dengan baik, mematuhi regulasi konservasi, dan menghormati lingkungan alam saat menjelajahi keindahan dan misteri Gunung Manaslu.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life