Home » Indonesia Masih Punya Peluang Main di Olimpiade Paris, Asal Bisa Kalahkan Guinea

Indonesia Masih Punya Peluang Main di Olimpiade Paris, Asal Bisa Kalahkan Guinea

by Nazarudin
2 minutes read
Timnas Indonesia harus kalahkan Guinea agar lolos olimpiade paris 2024

ESENSI.TV -

Timnas Indonesia U-23 masih punya peluang melaju ke Olimpiade Paris 2024 asal bisa mengalahkan Guinea dalam play off antarkonfederasi. 

Indonesia gagal mengamankan satu tiket ke Olimpiade Paris melalui jalur juara III Piala Asia U-23. 

Pratama Arhan dkk pertama kalah dari Uzbekistan, dalam partai semifinal. Kesempatan kedua, dalam perebutan peringkat ketiga, Skuad Garuda Muda harus mengakui keunggulan Irak.

Namun jalan ke Paris masih terbuka, dengan memanfaatkan satu kesempatan dan meraih kemenangan laga play off antarkonfederasi melawan Guinea.

Duel dua tim ini direncanakan berlangsung pada 9 Mei di Prancis.

Guinea yang menjadi lawan Indonesia pada babak playoff merupakan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023.

Kedua negara baik Indonesia dan Guinea sama-sama baru pernah merasakan satu kali bermain di arena Olimpiade.  

Indonesia kali pertama tampil di Olimpiade adalah pada 1956.  Saat itu Timnas Indonesia diperkuat Maulwi Saelan dan Ramang bermain dua kali di babak perempat final melawan Uni Soviet. 

Setelah skor 0-0 pada pertandingan pertama, Indonesia kebobolan empat kali pada pertemuan kedua.

Sementara Guinea terakhir berlaga di Olimpiade adalah pada tahun 1968. Guinea ketika itu menjadi juru kunci fase grup.

Irak Lebih Beruntung

Tim U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-2 pada laga perebutan tempat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Jumat (3/5).

Dalam laga tersebut, kedua tim bermain terbuka. Indonesia mencoba peruntungan melalui pergerakan Witan Sulaeman, namun bisa dipatahkan pemain Irak.

Irak mengandalkan bola umpan silang yang membahayakan Indonesia. Beruntung, juga belum membuahkan hasil.

Indonesia membuka skor melalui tendangan jarak jauh Ivar Jenner pada menit ke-19. Berawal dari tendangan sepak pojok, bola liar umpan Witan Sulaeman disambut Ivar Jenner dengan tendangan kaki kanan. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Baca Juga  Parlemen Sesalkan Keputusan FIFA Batalkan RI Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Tidak bertahan lama, Irak menyamakan kedudukan melalui tandukan Zahid Taahsen pada menit ke-27. Skor imbang 1-1 menutup jalannya babak pertama.

Pada babak kedua, kedua tim agak bermain lebih tertutup di menit-menit awal. Namun, Indonesia menguasai penguasaan bola.

Pada menit ke-54, Marselino Ferdinan melakukan tendangan melengkung dari kotak penalti. Sayang, bola sepakan kaki kanannya melebar di atas gawang Irak.

Pada menit ke-71, Jeam Kelly Sroyer melakukan tendangan voli memanfaatkan bola liar lemparan Pratama Arhan. Sayang, bola melambung di atas mistar gawang Irak.

Satu menit kemudian, Irak hampir membobol gawang Indonesia, andai bola tendangan Nihad Mohammed Watifi tidak dihalau Nathan Tjoe-A-On, karena gawang telah kosong ditinggal Ernando Ari Sutaryadi yang maju.

Pada menit ke-87, Irak mendapatkan peluang melalui tandukan Ridha Fadhil Mayali. Beruntung, bola bisa ditepis Ernando Ari.

Kembali Ernando Ari menjadi pahlawan setelag memuntahkan bola tendangan Nihad Mohammed Watifi, yang berdiri bebas.

Skor imbang 1-1 bertahan. Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Irak berhasil unggul melalui gol tendangan Ali Jasim Elaibi pada menit ke-96. Bola umpan jauh dimanfaatkan Ali Jasim yang terlepas dari jebakan offside.

Kemudian, bola disepak Ali Jasim untuk merobek gawang Ernando Ari. Skor 2-1 untuk keunggulan Irak bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia harus menjalani laga play-off menghadapi Guinea, untuk memastikan satu tiket tersisa lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Laga nanti berlangsung di Paris pada 9 Mei mendatang.

Sedangkan Irak, kemenangan ini membuat mereka lolos ke Olimpiade Paris 2024, untuk kedua kalinya setelah 2016.

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life