Home » Ini 4 Manfaat Cempedak yang Harus Kamu Ketahui

Ini 4 Manfaat Cempedak yang Harus Kamu Ketahui

by Junita Ariani
1 minutes read
Manfaat buah cempedak bagi kesehatan

Buah cempedak ternyata mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada cempedak juga dapat mencegah berbagai penyakit.

Buah dengan nama latin Artocarpus integer ini berukuran kecil, rasanya manis dan gurih, serta teksturnya lebih lembut daripada buah nangka.

Di dalam 100 gram cempedak, terkandung sekitar 115 kalori. Selain itu, cempedak juga mengandung beragam nutrisi lain, di antaranya 25 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, 0,4 gram lemak.

Kemudian, 3,5 gram serat, 40 miligram kalsium, 1 miligram zat besi, dan 18 miligram vitamin C. Buah ini juga mengandung vitamin B1, vitamin B2.

Artocarpus integer juga mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, tanin, triterpenoid, karoten, dan xanthone. Salah satu jenis flavonoid unik yang dimiliki oleh cempedak adalah senyawa artoindonesianin.

Berikut manfaat cempedak bagi kesehatan seperti dikutip, Kamis (5/10/2023).

1. Mengobati malaria

Buah ini ternyata dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Khasiat ini berasal dari kandungan senyawa artoindonesianin bersama antioksidan alami lainnya yang ada di dalam daging buah cempedak.

Namun, penelitian seputar pemanfaatan buah Artocarpus integer sebagai obat utama malaria masih sangat terbatas dan perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga  Bahaya! Penyakit Tidak Menular Semakin Marak, Cegah Dengan Cara CERDIK Ini

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat lainnya, yakni memiliki kemampuan menjaga kesehatan pencernaan. Kemampuan ini diperoleh melalui kandungan serat di dalamnya.  Kandungan ini diketahui mampu menjaga keseimbangan bakteri baik atau probiotik di dalam usus dan melancarkan saluran pencernaan.

3. Mengontrol kadar gula darah

Biji buah yang satu ini dapat diolah menjadi tepung dan dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti tepung terigu. Dibandingkan tepung biasa, tepung biji cempedak memiliki lebih banyak kandungan serat dan nutrisi.

Selain itu juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada tepung roti. Dengan begitu, tepung biji cempedak bisa menjadi pilihan yang lebih sehat, terutama untuk penderita diabetes dan obesitas.

4. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Manfaat Artocarpus integer berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Buah ini diketahui kaya akan kandungan serat, kalium, vitamin C, dan antioksidan yang memiliki peran besar terhadap kesehatan jantung.

Nutrisi-nutrisi tersebut mampu mencegah hipertensi dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan dua faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life