Home » Ini Manfaat Jika Pengemudi Terapkan Teknik Eco Driving

Ini Manfaat Jika Pengemudi Terapkan Teknik Eco Driving

by Junita Ariani
2 minutes read
Teknik mengemudi eco driving dalam beberapa waktu terakhir tengah berkembang.

ESENSI.TV - JAKARTA

Teknik mengemudi eco driving dalam beberapa waktu terakhir tengah berkembang. Perkembangan teknik eco driving ini sejalan dengan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam atau lingkungan.

Penerapan teknik ini dalam mengemudi kendaraan memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk menekan biaya operasional kendaraan, penerapan teknik ini juga bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan.

Seperti dikutip dari situs suzuki.co.id, Sabtu (9/9/2023), melalui teknik ini, pengemudi diajak untuk menggunakan bahan bakar dengan lebih efisien. Dan, menerapkan gaya mengemudi yang lebih sadar lingkungan.

Dalam situs tersebut dikatakan,  eco driving tidak hanya berkaitan dengan efisiensi. Melainkan juga memberikan kontribusi terhadap pelestarian alam dan pengurangan jejak karbon di jalan.

Dalam penerapan teknik ini, pengemudi dituntut untuk menghindari percepatan dan pengereman tiba-tiba guna menjaga kecepatan yang stabil.

Penggunaan transmisi yang tepat juga perlu diperhatikan oleh pengemudi. Di samping itu, pengemudi juga jangan membawa beban berlebihan dan menghidupkan mesin saat berhenti dalam waktu lama.

Upaya penghematan bahan bakar juga dapat dilakukan dengan menjaga tekanan ban secara optimal dan kendaraan mendapatkan perawatan secara berkala.

Selain menghemat bahan bakar, penerapan ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca, dan memperpanjang umur kendaraan.

Persiapan Teknik Eco Driving

Untuk menerapkan teknik Eco Driving, pengemudi perlu membuat persiapan tertentu. Adapun persiapan tersebut mencakup

1. Penggunaan Bahan Bakar Sesuai Oktan

Baca Juga  Empat Manfaat Terapi Air yang Wajib Kamu Ketahui

Penting untuk menggunakan bahan bakar sesuai oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai oktan, maka membantu mesin bekerja dengan optimal. Menghindari masalah performa, dan mendorong efisiensi bahan bakar.

2. Periksa Tekanan Angin pada Ban

Faktor tekanan angin pada ban juga harus diperhatikan. Sebab, tekanan angin pada ban yang kurang atau terlalu berlebihan akan berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar.

Sebaliknya apabila tekanan angin sesuai maka akan membantu menjaga daya cengkram ban pada jalan, mengurangi keausan, dan meningkatkan efisiensi perjalanan.

3. Hindari Muatan yang Berlebih

Membawa muatan secara berlebihan juga akan menambah beban dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Karena itu, hindari membawa barang yang tidak perlu agar konsumsi bahan bakar lebih efisien dan performa kendaraan tetap terjaga.

4. Servis Mobil Secara Berkala
Agar performa dan efisiensi mesin tetap terjaga, maka pemilik mobil sangat disarankan untuk merawat kendaraan dengan melakukan servis berkala.

Pergantian oli, pemeriksaan komponen mekanis, serta perawatan keseluruhan akan membantu mencegah masalah yang dapat mengurangi efisiensi mesin.

5. Mengikuti Eco Driving Training

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang Eco Driving melalui pelatihan khusus dapat memberikan manfaat yang signifikan. Pelatihan ini biasanya mencakup tips dan praktik mengemudi yang lebih efisien. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life