Home » Ini Penyebab Tiket Pesawat Indonesia Mahal

Ini Penyebab Tiket Pesawat Indonesia Mahal

by fara dama
1 minutes read
Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub didesak segera menuntaskan permasalahan mahalnya biaya tiket pesawat.

ESENSI.TV - JAKARTA

Tiket pesawat di Indonesia terbilang cukup mahal dibandingkan dengan tiket pesawat domestik di berbagai negara. Dibandingkan Korea, tiket pesawat domestik Indonesia masih mahal. Hal ini dipengaruhi oleh avtur atau bahan bakar penerbangan.

Mahalnya tiket domestik Indonesia disebabkan karena proses penyaluran avtur di Indonesia cukup rumit, hal ini membuat tingginya biaya logistik. Sebenarnya dibandingkan negara lain, biaya avtur di Indonesia terbilang murah.

Pemerintah sedang berupaya agar harga operasional avtur bisa ditekan. Avtur merupakan jenis bahan bakar penerbangan. Selain karena biaya operasional avtur yang membuat mahalnya tiket domestik, ketentuan tiket pesawat domestik juga diatur oleh tarif batas atas dan tarif atas bawah.

Baca Juga  Siap-siap Amankan Pemilu, Polri Beli Pesawat Boeing 737 Dari Republik Ceko

Indonesia memiliki ketentuan tarif batas atas dan tarif batas bawah. Aturan tersebut wajib diikuti semua maskapai yang menjalankan operasional untuk rute domestik.

Aturan Tarif Perjalanan Domestik

Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tarif perjalanan domestik Indonesia disertai aturan yang diberlakukan Kemenhub.

Sedangkan tarif tiket ke luar negeri tidak ada aturan batasan, karena mengikuti harga umumnya dari berbagai negara.

“Tarif internasional itu tidak ada aturan batasannya, mengikuti mekanisme pasar yang ada,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati.

Editor : Dimas Adi Putra/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life