Home » Inilah Alasan Komisi VIII Komitmen Selesaikan RUU KIA

Inilah Alasan Komisi VIII Komitmen Selesaikan RUU KIA

by Junita Ariani
1 minutes read
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan Komisi VIII berkomitmen mengesahkan Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA).

ESENSI.TV - JAKARTA

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan Komisi VIII berkomitmen mengesahkan Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA).

Undang-undang (UU) ini menjadi momentum penting dalam menanggapi kasus meningkatnya angka kematian ibu di Jawa Barat (Jabar) karena akses kesehatan yang kurang memadai.

Melalui RUU KIA, langkah-langkah konkret diharapkan akan memperkuat sistem kesehatan yang ada. Memastikan akses yang lebih luas bagi masyarakat, dan untuk memperkuat kebijakan yang berfokus pada kesejahteraan ibu dan anak.

“Kami menggarisbawahi pentingnya anggaran kesehatan yang memadai untuk mendukung program-program peningkatan akses kesehatan,” jelas Diah.

Hal itu dikatakan Diah dalam keterangan tertulis yang dikutip, Jumat (9/2/2024) di Jakarta.

Selain itu, kata Diah, angka stunting juga menjadi fokus utama. Di mana kebijakan dari adanya RUU KIA ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam mengurangi angka stunting di Jabar yang masih tinggi.

Baca Juga  Perubahan Aturan Ibadah Haji Dinilai Mengkhawatirkan, Komisi VIII Segera Bentuk Panja

“Adanya pebahasan ini, DPR memberikan sinyal kuat bahwa perlindungan dan pemenuhan hak kesehatan bagi ibu dan anak menjadi prioritas nasional yang harus dikejar bersama,” tegasnya.

Di akhir masa jabatan Anggota DPR Periode 2019-2024, Diah menegaskan berkomitmen untuk mengkonsolidasikan langkah-langkah bersama pemerintah guna mengatasi tantangan ini.

“Kita masih ada waktu 6 bulan (hingga Oktober 2024). Pembahasan RUU ini sebenarnya sudah selesai namun ada beberapa hal yang masih perlu untuk diharmonisasi,” ungkapnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life