Home » Israel Perang dengan 7 Wilayah, Bukan Hanya Gaza

Israel Perang dengan 7 Wilayah, Bukan Hanya Gaza

by fara dama
1 minutes read
Tim penyelamat Palestina dan warga sipil mencari korban yang selamat di reruntuhan bangunan yang terkena serangan udara Israel di Deir el-Balah. Foto: Al Jajeera/Ashraf Amra/Agensi Anadolu

ESENSI.TV - JAKARTA

Israel menyatakan tengah terlibat dalam perang multi-front. Melansir dari laman The Guardian, Israel saat ini tidak hanya terlibat dalam perang bersama Gaza, melainkan 6 negara lainnya.

“Israel diserang dari tujuh wilayah: Gaza, Lebanon, Suriah, Yudea dan Samaria atau istilah Israel untuk Tepi Barat, Irak, Yaman, dan Iran,” kata Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan Israel, pada Selasa (26/12/2023) “

Milisi sekutu Iran di Timur Tengah telah menyerang Israel dan instalasi militer AS, sejak 7 Oktober 2023.

Pada Sabtu (23/12/2023), departemen pertahanan AS secara eksplisit menyalahkan Iran untuk pertama kalinya. Lantaran atas serangan pesawat tak berawak yang menargetkan kapal tanker kimia di Samudera Hindia.

Di Irak, AS mengebom tiga lokasi yang terkait dengan Kata’ib Hezbollah. Kata’ib Hezbollah adalah milisi dukungan Iran yang disalahkan atas serangan pesawat tak berawak.

Baca Juga  Menuju Indonesia Emas, Harus Persiapkan Apa?

Serangan Udara

Serangan itu melukai tiga tentara Amerika yang bermarkas di kota utara Erbil. Hal  tersebut mendapat kecaman tajam dari pemerintah Irak.

Di sisi lain, Israel dan kelompok kuat Hizbullah Lebanon yang didukung Iran hampir setiap hari saling melancarkan serangan rudal, serangan udara, dan penembakan melintasi perbatasan.

Penembakan melintasi perbatasan telah menewaskan sekitar 150 orang di Lebanon dan 11 orang di Israel, sebagian besar adalah kombatan.

Perang balasan Israel di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas telah menjadi salah satu konflik paling merusak di abad ke-21, dengan perkiraan lebih dari 20.600 orang tewas, 50.000 orang terluka, dan 85% dari 2,3 juta penduduk wilayah Palestina terpaksa mengungsi

 

Editor : Dimas Adi Putra/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life