Home » Jalan Menuju Pantai Pandawa Bali Membelah Tebing Tinggi Tuai Kontroversi

Jalan Menuju Pantai Pandawa Bali Membelah Tebing Tinggi Tuai Kontroversi

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Sebuah jalan menuju Pantai Pandawa di Bali dari tebing yang dibelah. Foto: Travel Achieves/Oddity Central

ESENSI.TV - JAKARTA

Sebuah jalan menuju Pantai Pandawa di Bali yang tampaknya membelah seluruh dataran tinggi menjadi dua telah memicu perdebatan sengit di dunia maya tentang kepraktisan proyek tersebut dan dampaknya terhadap satwa liar setempat.

Menampilkan pasir putih halus dan air sebening kristal, pantai Pandawa yang sempurna untuk difoto sudah menjadi salah satu destinasi pantai terindah di Bali.

Seperti dilansir dari Oddity Central, jalan yang digali ke dalam tebing kapur yang memisahkan pantai dari pulau lainnya benar-benar melambungkannya ke puncak. destinasi wisata di pulau tersebut.

Hingga satu dekade yang lalu, Pantai Pandawa hanya populer di kalangan penduduk setempat, karena tebing kapur yang tersembunyi dari pandangan orang asing terkenal sulit untuk dilintasi.

Namun, semuanya berubah pada tahun 2012 ketika jalan menuju ke pantai dibuat dengan memotong tebing. Saat ini, jalan tersebut telah menjadi daya tarik wisata tersendiri, namun juga menjadi topik perdebatan sengit.

Sejak diresmikan jalan menuju Pantai Pandawa, destinasi terpencil itu langsung berubah menjadi tempat wisata utama. Dengan tebing vertikal 90 derajat di kedua sisinya, jalan ini sangat populer di kalangan pengguna Instagram yang mencari foto menarik.

Baca Juga  Mengapa Bali "Murah"?

Pengerjaan Dimulai Tahun 2011

Sebuah jalan menuju Pantai Pandawa di Bali dari tebing yang dibelah. Foto: Travel Achieves/Oddity Central

Sebuah jalan menuju Pantai Pandawa di Bali dari tebing yang dibelah. Foto: Travel Achieves/Oddity Central

Pengerjaan Jalan Pantai Pandawa dimulai pada tahun 2011 ketika buldoser dan ekskavator mulai mengikis lanskap batu kapur.

Didanai oleh Pemerintah Indonesia dan investor swasta, tempat ini diresmikan hanya dua tahun kemudian, dan langsung menarik perhatian wisatawan maupun penduduk lokal.

Foto dan video jalan tersebut baru-baru ini menjadi viral di Reddit dan dilihat jutaan kali.

Menariknya, meskipun ada yang kagum dengan jalan di pantai, ada pula yang menyatakan bahwa jalan tersebut mungkin dibangun secara sembarangan karena jalan tersebut sama sekali tidak memungkinkan hewan untuk melintasi dataran tinggi batu kapur.

“Dan mereka membelah wilayah yang dihuni begitu banyak hewan menjadi dua, tanpa ada cara untuk menyeberang, idiot,” balas salah satu pengguna Reddit.

“Butuh jembatan untuk hewan,” tulis netizen.

Mereka yang membela proyek tersebut menyatakan bahwa tidak banyak lagi hewan di kawasan ini, sehingga jalan tersebut tidak menimbulkan masalah bagi siapa pun.*

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life