Home » Jalan Tol IKN, Aspalnya Bakal Bisa Ngecas Mobil Listrik

Jalan Tol IKN, Aspalnya Bakal Bisa Ngecas Mobil Listrik

by fara dama
1 minutes read
Presiden Joko Widodo meninjau proyek Jalan Tol IKN (1/11/2023).

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian PUPR tengah merancang berbagai infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satu infrastruktur yang akan dikembangkan adalah jalan tol yang bisa ngecas mobil listrik.

Jalan tol di IKN dirancang bisa dibekali teknologi pengisian daya baterai mobil listrik. Teknologi ini juga tengah diuji coba di negara-negara kawasan Eropa. Namun hal ini masih berupa konsep sehingga belum ada implementasinya.

Selain itu, beberapa waktu lalu, infrastruktur yang akan dikembangkan di IKN yaitu jalan tol bawah laut. Kementerian PUPR menyatakan, rencana pembangunan tol bawah laut hingga saat ini baru sampai di tahap detail engineering design (DED).

Pemerintah memastikan proyek ini akan dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Lantaran pembangunan tol bawah laut merupakan proyek pertama yang akan dilakukan di Indonesia sepanjang sejarah pembangunan.

Baca Juga  Presiden FIFA Apresiasi Hadirnya Pemusatan Latihan Timnas di IKN

Jalan Tol Dibangun Dengan Hati-Hati

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan alasannya

“Kita tuh bukan apa-apa, karena ini pertama kali kan (dibangun di Indonesia) jadi teman-teman Bina Marga itu harus berhati-hati,” kata Danis Hidaya.

Dilansir dari idxchannel.com, Danis menambahkan, saat ini pemerintah juga melakukan kajian agar struktur rancang bangun ini mudah dipasang atau diaplikasikan di bawah laut juga. Mengingat di Indonesia sendiri belum pernah ada proyek serupa.

Editor: Raja Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life