Home » Jangan Coba-Coba Makan 4 Buah Ini Jika Kamu Penderita GERD, Bisa Kambuh!

Jangan Coba-Coba Makan 4 Buah Ini Jika Kamu Penderita GERD, Bisa Kambuh!

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi buah-buahan. Foto: Image by Freepik

ESENSI.TV - JAMBI

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau sering dikenal dengan asam lambung adalah penyakit yang timbul karena kebiasaan menunda makan yang membuat perut terasa nyeri.

Tak hanya menunda makan, penyakit ini juga bisa di sebabkan oleh faktor dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi lho.

Maka dari itu, untuk kamu yang punya asam lambung, harus hati-hati dalam mengasup makanan sehari-hari. Kamu harus tau apakah makanan yang kamu makan dapat memicu penyakitmu?

Nah, agar kamu tidak keliru dan akhirnya menyesal. Yuk simak! Ini dia 4 buah yang bisa buat penyakit asam lambung kamu kambuh, seperti dilansir dari laman Alodokter.

1. Jeruk

Jenis jeruk-jerukan memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Namun, tahukah kamu? Ternyata buah ini mengandung asam yang dapat memicu kambuhnya gejala asam lambung seperti mual dan nyeri ulu hati.

Eits, tapi bukan berarti kamu gak boleh makan buah ini yah. Kamu tetap boleh kok makan jeruk, asal dalam jumlah sedikit dan jangan lupa untuk terus minum air putih yang banyak ya, guys.

2. Tomat

Sama dengan jeruk, buah tomat dan olahannya juga merupakan buah yang gak boleh sembarangan kamu makan kalau kamu punya Riwayat penyakit asam lambung.

Baca Juga  Ini 4 Pasang Kombinasi Makanan yang Buruk

Kenapa demikian? Karena tingginya kandungan asam di dalam buah ini dapat memicu gejala gerd dan mengiritasi lapisan dinding lambung dan kerongkongan.

3. Apel Hijau

Tahukah kamu? Tingkat keasaman dari apel hijau lebih tinggi dari pada apel merah. Sehingga tidak di rekomendasikan untuk orang yang memiliki asam lambung.

Karena asamnya buah ini dapat memicu peningkatan kadar asam di dalam lambung kamu.

4. Nanas

Tak jarang orang yang memiliki penyakit bawaan asam lambung merasakan kambuhnya penyakit mereka setelah makan nanas. Tapi tak jarang juga orang yang aman-aman saja saat mengonsumsi buah ini.

Hal itu karena nanas memiliki kansungan asma dengan pH sekitar 3-4. Oleh karena itu, sebaiknya kamu batasi konsumsi buah ini untuk kamu yang punya penyakit asam lambung.

Nah, itu dia 4 buah pantangan yang gak boleh sering-sering kamu konsumsi saat kamu punya penyakit asam lambung.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life