Home » Jelang Pemilu 2024, PAN Daftarkan Bacaleg ke KPU

Jelang Pemilu 2024, PAN Daftarkan Bacaleg ke KPU

by Administrator Esensi
3 minutes read
PAN Daftarkan Bacaleg Jelang Pemilu 2024

ESENSI.TV - JAKARTA

Partai Amanat Nasional (PAN) daftarkan bacaleg jelang Pemilu 2024 (12/5). PAN mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan iring-iringan dan konvoi para kader.

Sejumlah nama besar dari kalangan selebriti turut hadir mendampingi proses pendaftaran bacaleg, salah satunya Eko Patrio.

Eko Patrio ke Dapil DKI Jakarta

Eko Patrio saat ini menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah DKI Jakarta untuk PAN. Hal ini pula yang menjadi pertimbangannya untuk mencalonkan diri di Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta. Di Pemilu sebelumnya, ia merupakan caleg dari Jawa Timur.

“Saya dua periode di Jawa Timur. Sekarang ke Jakarta Timur. Pertimbangannya karena saya dapat Amanah dari PAN sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah DKI Jakarta. Jadi saya harus mengawal wilayah DKI Jakarta,” ujar Eko.

Eko juga menjelaskan kemampuannya dalam mendapatkan kursi sejak mencalonkan diri menjadi Caleg baik di DPR RI dan DPRD Provinsi.

“Alhamdulillah, setelah saya diterjuni, tadinya nggak punya kursi, zero ya. Sekarang sudah punya dua kursi DPR RI. Dan tadinya cuman 2 DPRD, sekarang jadi 9 kursi DPRD Provinsi. Dan InsyaAllah di 2024 ini maunya dikali 2 gitu, ya. 9 jadi 18, kalau 2 jadi 4,” tambahnya.

Caleg PAN Lengkap Dari berbagai Kalangan

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan juga mendampingi langsung pendaftaran bacaleg hari ini. Zulkifli Hasan, atau akrab dipanggil Zulhas itu mengatakan ada sebanyak 580 Bacaleg PAN yang akan didaftarkan. Terdiri dari Purnawirawan TNI-POLRI dan para ulama. Selain itu, nama selebriti lain yang turut hadir, yaitu Sigit Purnomo Syamsuddin (Pasha Ungu) bersama Adelia Pasha, Uya Kuya bersama Astrid Kuya, dan Elly Sugigi.

“580 untuk DPR RI, DPRD Provinsi Kabupaten semua lengkap 100 persen. Nanti diikuti oleh berbagai profesi. Ada dari purnawirawan, TNI-POLRI, ada teknokrat, ada artis, ada ustadz dan dan para alim ulama, dari berbagai ormas.  Profesi dokter dan pengusaha juga ada. Serta pemuda para milenial dan UMKM. Lengkap,” jelasnya.

Uya Kuya Targetkan 60 Kursi

Uya Kuya juga ditemui di kantor KPU untuk mencalonkan diri sebagai Caleg. Ia menjelaskan bahwa target yang ingin dicapai PAN adalah 60 kursi.

“targetnya di DPR RI 60 kursi,” jelasnya.

Baca Juga  Catat! Ini Jadwal Pendaftaran dan Rute Mudik Gratis Polri

Uya juga mengatakan alasannya masuk PAN karena menurut beliau PAN memiliki Ketua Umum yang  menerima masukan dari anak buah dan anggotanya.

Sempat terjadi ketegangan antara kader PAN dengan petugas keamanan KPU terkait izin masuk wilayah KPU.

Persiapan Sigit Purnomo Syamsuddin Said untuk Dapil 3 DKI Jakarta

Dalam menghadapi pemilihan legislatif di Dapil 3 DKI Jakarta, Sigit Purnomo Syamsuddin Said, atau akrab disapa Pasha (Mantan Walikota Palu) dengan penuh keyakinan menghadapi tantangan ini. Dapil 3 meliputi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Sudah satu tahun lebih persiapan dilakukan untuk turun ke masyarakat. Dalam periode waktu tersebut, Sigit Purnomo telah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan pendalaman di wilayah tersebut. Ia berharap usaha yang dilakukan akan mendapatkan dukungan dan rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa.

Saat ini ada pertanyaan mengenai Dapil Sulawesi. Namun, ditegaskan bahwa Dapil 3 yang Sigit Purnomo sampaikan sebelumnya hanya mencakup wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Terkait dengan keputusan untuk pindah Dapil ke Jakarta, Sigit Purnomo yakin dengan penuh keyakinan. Sebagai penduduk Jakarta, ia telah menetap di sini sebelumnya. Beliau memahami bahwa sebelumnya ia harus pulang ke Palu karena menjadi Wakil Wali Kota.

“Memang saya kan domisili Jakarta, kemarin kan pulang ke Palu karena jadi Wakil Walikota, yah mah ga mau kita harus pindah ke Palu. Tapi kan sebelumnya kita tinggal di Jakarta jadi akan lebih mudah koordinasi dalam rangka menjalankan tugas partai juga jadi lebih mudah karena dekat dengan DPP,” ucap Sigit Purnomo Syamsuddin Said.

Sigit Purnomo Syamsuddin Said, sebagai peserta dalam pemilihan ini, memiliki target suara yang ingin kami raih. Meskipun jumlahnya dapat beragam, Beliau berharap mendapatkan dukungan suara yang melebihi angka 100 ribu. Target ini adalah hasil dari kerja keras dan upaya yang telah lakukan sepanjang waktu.

Dengan persiapan yang telah dilakukan, keyakinan dalam menghadapi pemilihan ini semakin kuat. Sigit Purnomo siap untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

Editor: Addinda Zen/Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life