Home » Jepang Ingin Belajar Kembangkan E-Commerce dari Indonesia

Jepang Ingin Belajar Kembangkan E-Commerce dari Indonesia

by Nazarudin
1 minutes read
Menteri Transformasi Digital Jepang Kono Taro dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto

ESENSI.TV -

Jepang ingin belajar ingin belajar keberhasilan Indonesia mengembangkan perusahaan start-up e-commerce. 

Jepang ingin mempelajari keberhasilan Indonesia melahirkan sejumlah unicorn dan decacorn. 

Menteri Transformasi Digital Jepang Kono Taro mengakui start-up Indonesia berhasil memanfaatkan potensi pasar domestik yang besar dengan beragam lini bisnis. 

Menurut Menteri Toro unicorn dan decacorn Indonesia bisa menguasai pasar ASEAN.

“Ini membuat pemerintah Jepang tertarik menjajaki kerjasama pengembangan start-up dengan Indonesia,” ujar Menteri Taro dikutip dari siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 

Indonesia sejauh ini telah menghasilkan 12 unicorn dan 1 decacorn start-up teknologi milik swasta yang masing-masing bernilai USD1 miliar dan USD10 miliar. 

Pada tahun 2022, Indonesia memiliki 2.431 perusahaan start-up.

Ketertarikan Jepang diungkapkan Menteri Toro saat bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri OECD Tahun 2024.

Baca Juga  Pemerintah Diminta Tegas Batasi Impor Seafood dari Jepang

Pertemuan ini merupakan momentum penting untuk memperkuat kerja sama ekonomi digital antara Indonesia dan Jepang. Sejumlah proyek kerja sama ekonomi digital dijajaki oleh kedua negara baik dalam kerangka bilateral maupun multilateral di bawah payung Kerangka Ekonomi Digital (DEFA).

Menko Airlangga juga menjajaki kerja sama sistem pembayaran lintas negara. 

Menko Airlangga membagikan kesuksesan Indonesia membangun Quick Response Code Indonesia Standard atau biasa disingkat QRIS yang sudah digunakan di beberapa negara ASEAN.

Saat ini Jepang belum memiliki sistem pembayaran lintas negara dan menyatakan bahwa kerja sama dengan Indonesia bisa dilakukan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Menko Airlangga juga meminta dukungan dari Jepang dalam pengembangan infrastruktur Indonesia, termasuk proyek-proyek strategis seperti kelanjutan jalur MRT Fase 2 serta pengembangan jaringan tol dan infrastruktur digital.

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life