Home » Juhu Singkah: Makanan Tradisional Kalimantan Tengah

Juhu Singkah: Makanan Tradisional Kalimantan Tengah

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://img-global.cpcdn.com/recipes/f35ab39342f27ee2/1200x630cq70/photo.jpg

Juhu Singkah adalah salah satu makanan tradisional khas Kalimantan Tengah, Indonesia. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Juhu Singkah merupakan makanan yang cukup populer di masyarakat setempat dan sering dihidangkan pada acara-acara khusus atau perayaan adat. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Juhu Singkah:

Asal Usul Juhu Singkah

Juhu Singkah berasal dari Kalimantan Tengah, sebuah provinsi yang terletak di pulau Kalimantan, Indonesia. Hidangan ini telah lama menjadi bagian dari budaya kuliner masyarakat di daerah tersebut.

Bahan Utama

Bahan utama dalam Juhu Singkah adalah ikan, terutama ikan sungai yang segar. Ikan tersebut kemudian diolah menjadi hidangan yang lezat dengan bumbu-bumbu tradisional.

Proses Pembuatan

Ikan yang telah dibersihkan kemudian dilumuri dengan campuran bumbu yang terdiri dari berbagai rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, dan bumbu-bumbu lain yang memberikan cita rasa khas.

Penggunaan Daun Pisang

Salah satu ciri khas dari Juhu Singkah adalah cara penyajiannya menggunakan daun pisang. Ikan yang sudah dibumbui akan dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang atau dibakar.

Tekstur dan Cita Rasa Khas

Setelah dipanggang atau dibakar, ikan menghasilkan tekstur yang lembut dan cita rasa yang kaya. Bumbu-bumbu yang meresap ke dalam daging ikan memberikan sentuhan gurih dan pedas yang memukau.

Baca Juga  Indomie: Fakta Menarik Makanan Sejuta Umat

Popularitas Lokal

Juhu Singkah merupakan salah satu makanan populer di Kalimantan Tengah, terutama di daerah yang berdekatan dengan sungai atau danau. Masyarakat setempat sering menikmati hidangan ini sebagai lauk dalam makanan sehari-hari.

Pengaruh Budaya Dayak

Juhu Singkah memiliki pengaruh budaya Dayak yang mendominasi Kalimantan Tengah. Budaya Dayak tercermin dalam pilihan bahan makanan dan bumbu-bumbu yang digunakan dalam hidangan ini.

Penyajian dalam Acara Khusus

Juhu Singkah sering dihidangkan pada acara-acara spesial seperti perayaan adat, pesta keluarga, dan acara sosial. Hidangan ini sering menjadi pusat perhatian dalam acara tersebut.

Kuliner Wisata

Juhu Singkah juga menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Tengah. Wisatawan sering mencari pengalaman mencicipi hidangan tradisional ini untuk merasakan cita rasa autentiknya.

Pentingnya Kelestarian

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan, penting untuk memastikan bahwa sumber daya ikan yang digunakan untuk Juhu Singkah dijaga dengan baik. Konservasi ikan sungai menjadi hal yang esensial untuk mempertahankan hidangan ini di masa depan.

Juhu Singkah adalah makanan yang mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia, khususnya dari budaya Kalimantan Tengah. Citarasa yang khas dan cara penyajian yang unik menjadikannya pilihan yang populer bagi pencinta kuliner. Mengenal dan mencicipi Juhu Singkah adalah mengenali keindahan budaya dan tradisi kuliner Indonesia yang kaya.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life