Home » Kaleidoskop 2023: Deretan Berita Internasional Sepanjang Tahun Ini

Kaleidoskop 2023: Deretan Berita Internasional Sepanjang Tahun Ini

by fara dama
2 minutes read
Menlu Retno dan Menlu AS pada pertemuan ASEAN-US Post-Ministerial Conference dengan Menlu AS, Jumat (14/7/2023).

ESENSI.TV - JAKARTA

Sepanjang tahun 2023, dunia dihiasi dengan isu internasional, menyangkut hubungan bilateral, bencana alam, hingga perang. Awal tahum dibuka dengan kecelakaan pesawat yang menggemparkan dunia. Pada bulan Januari, tepatnya pada (15/1/ 2023), pesawat Yeti Airlines 691 ATR 72-500, jatuh di dekat Pokhara, Nepal. Kecelakaan ini menewaskan 72 orang, termasuk 4 awak.

Pada tanggal 6 Februari 2023 terjadi bencana alam yang menggemparkan dunia. Yakni dua gempa bumi hebat melanda Turki selatan dan tengah. Gempa tersebut merupakan gempa bumi terkuat sejak Gempa bumi Erzincan 1939, dan tercatat sebagai gempa bumi terkuat kedua di negara itu.

Selanjutnya, pada bulan Maret terjadi insiden antara kapal-kapal perang China dan Amerika Serikat di Laut China Selatan. Peristiwa ini terjadi sepanjang Maret 2023. Ini menunjukkan bahwa ketegangan antara keduanya masih tinggi.

April, terjadi peristiwa internasional dari Amerika. Angkatan Laut AS mengumumkan bahwa kapal tanker minyak Advantage Sweet berbendera Kepulauan Marshall telah disita oleh Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran di perairan internasional di Teluk Oman.

Kemudian, tanggal 19 Mei 2023, Presiden China Xi Jinping mengadakan pertemuan puncak dengan para pemimpin dari 14 negara Asia Tenggara di Beijing, China. Pertemuan tersebut menghasilkan Deklarasi Beijing, yang menegaskan komitmen untuk mempromosikan “persahabatan abadi” antara China dan Asia Tenggara.

Serangan Rudal Ukraina Hingga Perang Hamas dan Israel

Bulan Juni, Rusia melakukan serangan rudal di ibu kota Ukraina, Kyiv, (26 /6/2023). Serangan tersebut menghantam sebuah bangunan tempat tinggal dan kompleks taman kanak-kanak di Kyiv. Serangan tersebut merupakan yang pertama di Kyiv sejak awal Juni.

Baca Juga  Berkas Mario Dandy Lengkap, Kejaksaan Tinggi DKI Terbitkan P21

Peristiwa internasional terjadi tepat pada 5 Juli 2023, China merilis sistem operasi desktop open source pertamanya, yang diberi nama OpenKylin. Rilis OpenKylin merupakan bagian dari upaya China untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi Amerika Serikat.

Bulan Agustus, Arab Saudi menjadi tuan rumah perundingan damai Ukraina pada bulan Agustus 2023. Rusia tidak diundang dalam pertemuan tersebut.Pertemuan tersebut membahas berbagai isu terkait dengan perang di Ukraina.

September 2023, Sungai Amazon mengalami kekeringan parah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tanggal 7 Oktober 2023, kelompok militan Palestina yang dipimpin oleh Hamas melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel dari Jalur Gaza. Ini adalah konflik langsung pertama di wilayah Israel sejak Perang Arab-Israel tahun 1948.

November, Gelombang kedatangan pengungsi Rohingya di Indonesia dimulai pada tanggal 14 November, ketika 196 orang Rohingya mendarat di Aceh.

Di penghujung tahun, pada Desember Korea Utara meningkatkan persiapan perang, termasuk program nuklirnya. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendesak militernya untuk mempercepat persiapan perang, termasuk pengembangan senjata nuklir dan pertahanan sipil.

Editor: Dimas Adi Putra/Addunda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life