Home » Kaleidoskop 2023: Serba Serbi Berita Politik Sepanjang Tahun Ini

Kaleidoskop 2023: Serba Serbi Berita Politik Sepanjang Tahun Ini

by fara dama
2 minutes read
Ilustrasi situasi politik Indonesia. Foto: Image by wirestock on Freepik

ESENSI.TV - JAKARTA

Pada bulan Januari isu pemilu mewarnai politik di kalangan masyarakat, bahkan sebagian partai sudah mengusungkan nama-nama untuk maju menjadi calon presiden 2024.

Sistem Proporsional Tertutup

Dilanjutkan pada bulan Februari, isu politik ramai dengan uji materi UU Nomor 7 tahun 2017 terkait sistem proporsional terbuka yang diajukan ke MK.

Uji materi yang diajukan oleh sejumlah pihak, termasuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan sejumlah akademisi.

Pemohon uji materi menilai bahwa sistem proporsional terbuka yang diterapkan dalam Pemilu 2024 tidak sesuai dengan konstitusi, karena mendistorsi peran partai politik. Selanjutnya, MK pun menggelar sidang uji materi sebanyak 12 kali.

Copot Pasang Koalisi Parpol

Pada bulan Maret, partai PKS mulai mengusung calon presiden Anies Baswedan. Dilanjut pada bulan April, PDI-P mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Pertengahan tahun, isu politik juga diramaikan dengan penyusunan strategi koalisi dari masing-masing partai politik, tepatnya pada bulan Mei hingga Juli.

Pada pertengahan tahun 2023, setidaknya ada tiga koalisi partai politik yang telah terbentuk, yaitu:

Koalisi yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selanjutnya, koalisi PDI Perjuangan-PPP, yang terdiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Koalisi NasDem-Demokrat-PKS, yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga  Tinjau Pameran Hub Space, Presiden Tugaskan Menhub Tingkatkan Transportasi Massal

Bersamaan dengan pembentukan koalisi, di pertengahan tahun MK menolak permohonan uji materi ini. Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka.

Penetapan Tiga Paslon Capres-Cawapres

Pada bulan Agustus hingga September isu pemilu lebih gencar terdengar dan digaungkan oleh masyarakat.

Perjalanan menuju Pemilu 2024 semakin seru dengan ditetapkannya secara resmi tiga pasangan calon capres-cawapres, yaitu Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud.

Tahapan ini dimulai dengan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) capres-cawapres pada tanggal 19-25 Oktober 2023.

KPU melakukan sidang pleno tertutup untuk menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu Tahun 2024

Hingga di November 2023, dilakukan kegiatan pengundian nomor urut bagi pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden peserta Pemilu 2024.

Adu Gagasan di Debat Capres-Cawapres

Penghujung tahun, masyarakat disuguhkan dengan penampilan adu gagasan oleh para paslon dalam debat resmi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Debat Pertama Capres dihelat pada Selasa, 12 Desember 2023. Sementara, Debat Pertama Cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023.

Debat perdana capres mengangkat tema Pemerintahan, Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Debat perdana cawapres mengangkat tema Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Editor: Dimas Adi Putra/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life