Home » KCIC dan Respons Bina Marga Dukung Kesejahteraan Warga

KCIC dan Respons Bina Marga Dukung Kesejahteraan Warga

by Raja H. Napitupulu
1 minutes read
https://kcic.co.id/lkapp/wp-content/uploads/2023/11/Screen-Shot-2023-11-29-at-14.43.45.png

Binamarga Jakarta mendukung penuh proyek Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) dengan membantu pemerintah pusat dalam pembebasan lahan warga. Pendekatan yang digunakan adalah konsep “ganti untung,” yang menjamin kompensasi yang adil dan menguntungkan bagi pemilik lahan.

Proyek KCIC merupakan salah satu proyek infrastruktur strategis nasional yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara Jakarta dan Bandung. Untuk merealisasikan proyek ini, banyak lahan warga yang perlu dibebaskan.

“Bina Marga Jakarta, bersama dengan pemerintah pusat, berperan penting dalam memastikan proses ini berjalan lancar,” ujar Kepala Dinas Bina Marga Jakarta, Heru Suwondo, di Jakarta, Selasa (21/05/2024).

Menurut dia, konsep “ganti untung” yang diterapkan bertujuan untuk memberikan kompensasi yang lebih tinggi daripada nilai pasar lahan.

“Ini bertujuan untuk memastikan bahwa warga yang lahannya terkena proyek tidak dirugikan. Bahkan mendapatkan keuntungan. Proses penilaian lahan dilakukan secara transparan dan profesional oleh tim appraisal independen,” katanya lagi.

Kerja Sama Bina Marga

Senada dengan itu, Sekretaris Dinas Bina Marga Jakarta Eko Kardiyanto mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi. Khususnya untuk melakukan sosialisasi kepada warga mengenai proses ganti untung.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang tahapan dan manfaat dari pembebasan lahan. Warga diajak berdialog untuk memastikan semua pihak memahami dan mendukung proyek ini,” papar dia.

Baca Juga  Tekan Stunting 14%, Pemprov Sumut Perluas Kampanye Makan Ikan

Setelah sosialisasi, kata dia, dilakukan verifikasi dan validasi data kepemilikan lahan. Proses ini memastikan bahwa kompensasi diberikan kepada pemilik yang sah.

“Bina Marga Jakarta dan pemerintah pusat memastikan pembayaran dilakukan dengan cepat dan transparan,” tambah dia.

ia menjelaskan, respons warga terhadap konsep ganti untung sangat positif. Banyak warga yang awalnya khawatir tentang pembebasan lahan menjadi lebih tenang, katanya. Khususnya, setelah mendapatkan penjelasan dan melihat komitmen pemerintah dalam memberikan kompensasi yang adil.

“Proyek KCIC ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi jangka panjang bagi masyarakat. Termasuk peningkatan aksesibilitas dan peluang ekonomi baru,” katanya lagi.

ia mengatakan, Bina Marga Jakarta terus mendukung upaya pemerintah dalam penyelesaian pembebasan lahan untuk proyek KCIC.

Dengan pendekatan ganti untung, katanya, Bina Marga Jakarta memastikan bahwa proyek ini tidak hanya sukses dari sisi teknis. Tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat yang terdampak.

“Ini menunjukkan komitmen kuat Bina Marga dan pemerintah pusat dalam membangun infrastruktur yang berkelanjutan dan inklusif,” imbuhnya.

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life